39. Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 2 SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang dengan menggunakan model PBL. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian tindakan kelas yang dikenal dengan ptk, peneliti akan menuliskan hasil belajar peserta didik dalam setiap siklus yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara sederhana dengan guru kelas, observasi, dan hasil tes tertulis setelah kegiatan pembelajaran. Subjek dalam kegiatan penelitian yaitu peserta didik kelas 2 SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang dengan jumlah peserta didik 23 anak, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 12 perempuan. Melalui kegiatan wawancara peneliti akan memperoleh informasi mengenai karakter dan gaya belajar peserta didik dikelas tersebut, sehingga peneliti akan memperoleh data awal untuk melakukan kegiatan siklus awal. Melalui kegiatan observasi yang dibarengi dengan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi pecahan, peneliti akan memperoleh data berupa kondisi kelas saat belajar dan gaya belajar peserta didik. Melalui kegiatan tes peneliti akan memperoleh nilai hasil belajar peserta didik setelah kegiatan pembelajaran. Sehingga dapat dilakukan perbaikan pada penyampaian selanjutnya dengan materi yang sama. Kegiatan perbaikan dilakukan untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal dari setiap peserta didik, setiap selesai kegiatan pembelajaran dapat dilakukan evaluasi dan refreksi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.