62. Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 2A SDN Karanganyar Gunung 02

Authors

  • Maula Hanifah Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang
  • Siti Kusniati SDN Karanganyar Gunung

Keywords:

Problem Based Learning, Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model problem based learning pada siswa kelas 2A SDN Karanganyar Gunung 02. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2A SDN Karanganyar Gunung 02 yang berjumlah sebanyak 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi dan teknik tes. Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dalam analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning dapat meningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas 2A SDN Karanganyar Gunung 02, hal ini ditunjukkan oleh hasil ketuntasan belajar. Jumlah siswa yang tuntas belajar matematika pada siklus I sebanyak 14 siswa atau 63,6 % dari 22 siswa dan siklus II sebanyak 20 siswa atau 90,9% dari 22 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 2 SDN Karanganyar Gunung 02.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hanifah, M., Reffiane, F., & Kusniati, S. (2023). 62. Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 2A SDN Karanganyar Gunung 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 560–569. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3975

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>