309. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Denah Kelas I SDN Gajahmungkur 04 Semarang
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan DasarAbstract
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Gajahmungkur 04 Semarang melalui Model PBL (Problem Based
Learning). Model Pembelajaran PBL merupakan suatu pendekatan yang menekankan pada pemecahan masalah nyata dalam konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 16 peserta didik kelas I SDN Gajahmungkur04 Semarang sebagai subjek penelitian. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siklus I dan siklus II. yaitu pada siklus 1 62,5% tuntas dengan nilai rata-rata 73. Pada siklus II 81% tuntas dengan nilai rata-rata 80.