309. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Denah Kelas I SDN Gajahmungkur 04 Semarang

Authors

  • Siti Rohmatul Ulfa
  • Fine Reffiane
  • Ganis suprihatin

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Gajahmungkur 04 Semarang melalui Model PBL (Problem Based
Learning
). Model Pembelajaran PBL merupakan suatu pendekatan yang menekankan pada pemecahan masalah nyata dalam konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 16 peserta didik  kelas I SDN Gajahmungkur04 Semarang sebagai subjek penelitian. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siklus I dan siklus II. yaitu pada siklus 1 62,5% tuntas dengan nilai rata-rata 73. Pada siklus II 81% tuntas dengan nilai rata-rata 80.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Ulfa, S. R. ., Reffiane, F. ., & suprihatin, G. . (2023). 309. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Denah Kelas I SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2764–2768. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4127

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>