29. Penerapan Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh aktivitas peserta didik dan hasil belajar yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang Semarang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Pengumpulan data tes berupa soal evaluasi, pengumpulan data non tes berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II C SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 9 perempuan dan 13 laki-laki. Dari hasil yang diperolah setelah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Matematika materi waktu (jam) siswa kelas II C SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Nilai KKM pada mata pelajaran Matematika yang digunakan di SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang yaitu 70. Dapat diartikan bahwa peserta didik harus memperoleh nilai 70 untuk mebcapai ketuntasan, sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai dibawah 70 harus melakukan remedial. Berdasarkan tabel I dapat dilihat bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 60%, sedangkan pada siklus II yaitu 89%. Dengan demikian pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar sesuai dengan hipotesa penelitian yaitu Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.