154. Penerapan Pembelajaran Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA 9 Semarang
Keywords:
Student Centered Learning, keaktifan, hasil belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan pendekatan Student Centered Learning guna meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA 1 SMA 9 Semarang. Berdasarkan hasil observasi di kelas XI IPA 1, terdapat temuan bahwa terdapat kekurangan dalam tingkat keaktifan siswa dan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jumlah siswa yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari 17 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Student Centered Learning secara signifikan efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar dapat diamati melalui perbandingan nilai pretes dan postes, sementara keaktifan peserta didik dinilai melalui lembar observasi.