163. Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Biologi untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa SMAN 9 Semarang

Authors

  • Dinullah Alhaq Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Syaipul Hayat Universitas PGRI Semarang
  • Handoyo SMA Negeri 9 Semarang

Keywords:

kecurangan Akademik, Perilaku Menyontek, Quizizz

Abstract

Banyak kecurangan akademik yang dilakukan oleh peserta didik salah satunya adalah perilaku mencontek. Ditemukan bahwa Sebagian peserta didik melakukan kecurangan akademik berupa perilaku menyontek pada saat Penilaian Harian. Penelitian Ini bertujuan untuk melihat pengaruh media Pembelajran Quizizz dalam mengurangi salah satu tindak kecurangan akademik yaitu Perilaku Menyontek pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 9 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 9 Semarang yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengurangan perilaku menyontek pada 4 indikator yaitu Individual-opportunistic (59% menjadi 20%), Independent-planned (31% menjadi 7%), Social-active (62% menjadi 21%), Social-passive (45% menjadi 8%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Quizizz mampu mengurangi perilaku menyontek peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 9 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Alhaq, D., Hayat, M. S., & Handoyo. (2023). 163. Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Biologi untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa SMAN 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1484–1490. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4135

Issue

Section

Prosiding 2023