163. Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Biologi untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa SMAN 9 Semarang
Keywords:
kecurangan Akademik, Perilaku Menyontek, QuizizzAbstract
Banyak kecurangan akademik yang dilakukan oleh peserta didik salah satunya adalah perilaku mencontek. Ditemukan bahwa Sebagian peserta didik melakukan kecurangan akademik berupa perilaku menyontek pada saat Penilaian Harian. Penelitian Ini bertujuan untuk melihat pengaruh media Pembelajran Quizizz dalam mengurangi salah satu tindak kecurangan akademik yaitu Perilaku Menyontek pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 9 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 9 Semarang yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengurangan perilaku menyontek pada 4 indikator yaitu Individual-opportunistic (59% menjadi 20%), Independent-planned (31% menjadi 7%), Social-active (62% menjadi 21%), Social-passive (45% menjadi 8%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Quizizz mampu mengurangi perilaku menyontek peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 9 Semarang.