156. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mipa 7 di Sma 9 Semarang

Authors

  • Aninditya Kharisma Sari Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Syaipul Hayat Universitas PGRI Semarang
  • Dies Hendra WW SMA N 9 Semarang

Keywords:

Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA 7 SMA N 9 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA 7 di SMA N 9 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, yang mana masing-masing siklus dilaksanakan dengan empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan Tindakan kelas dan data peningkatan hasil belajar biologi dan lembar observasi pada kelas XI MIPA 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran berbasis canva terdapat peningkatan hasil belajar pada tiap siklus. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari meningkatnya nilai posttest terhadap nilai pretest yang dilaksanakan dari 2 siklus. Peningkatan hasil belajar dari siklus I terhadap siklus II sebesar 19.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sari, A. K., Hayat, M. S., & WW, D. H. (2023). 156. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mipa 7 di Sma 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1429–1435. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4101

Issue

Section

Prosiding 2023