167. Pembelajaran Berbasis Etno-Bioedugame dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Sistem Reproduksi

Authors

  • Kenya Luthfia Nur Shabrina Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Syaipul Hayat Universitas PGRI Semarang
  • Handoyo SMA Negeri 9 Semarang

Keywords:

Etno-Bioedugame, CRT, Keaktifan, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran berbasis berbasis Etno-Bioedugame dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi sistem reproduksi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMA 9 Semarang peserta didik kelas XI IPS 3 kurang aktif dalam mengikuti materi biologi yang termasuk dalam mata pelajaran lintas minat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, Kegiatan masing-masing siklus sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I mendapat skor rata-rata 79,40 siklus II mendapat skor rata-rata 86,57 dan siklus III mendapat skor rata-rata 97,22. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I mendapatkan nilai N-gain 0.59 dengan kriteria medium, siklus II mendapatkan nilai N-gain 0.62 dengan kriteria medium dan siklus III mendapatkan nilai N-gain 0.7 dengan kriteria tinggi artinya indikator keberhasilan (≥75.00) telah terlampaui. Indikator keberhasilan telah terbukti maka penelitian ini dinyatakan berhasil dan berhenti pada siklus III.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Shabrina, K. L. N., Hayat, M. S., & Handoyo. (2023). 167. Pembelajaran Berbasis Etno-Bioedugame dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Sistem Reproduksi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1517–1525. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4140

Issue

Section

Prosiding 2023