157. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA Materi Perubahan Lingkungan

Authors

  • Andri Widi Purnomo Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Universitas PGRI Semarang
  • Diwyacitta Prasasti SMA N 9 Semarang

Keywords:

Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Perubahan Lingkungan

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas-Kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar biologi materi perubahan lingkungan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukaan pada saat PPL II di Kelas X-6 SMA Negeri 9 Semarang yang berjumlah 36 siswa, meliputi 20 siswa laki-laki dan 16 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar siswa dan soal pretes-post tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Model Problem Based Learning merupakan salah satu metode dalam pembelajaran kooperatif yang bertujuan merangsang siswa untuk belajar mengembangkan daya pikir, daya inisiatif, dan kreatifitas melalui berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi pelajaran Biologi di Sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi materi perubahan lingkungan di Kelas X-6 SMA Negeri 9 Semarang. Hasil penelilitian mennjukkan peningkatkan aktivitas belajar dengan presentase rata-rata sebesar 87% (kategori sangat baik), presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 72% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dan hasil ini menunjukkan peningkatan sebesar 25%.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Purnomo, A. W., Sumarno, & Prasasti, D. (2023). 157. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA Materi Perubahan Lingkungan . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1436–1443. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4102

Issue

Section

Prosiding 2023