Peningkatan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Melalui Ice Breaking Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Bugangan 03 Semarang

Authors

  • Siti Rukhoiyah Khotimah Univesitas PGRI Semarang
  • Sumarno
  • Mas'udah

Keywords:

Konsentrasi Belajar, Ice Breaking, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini didasari pada perbaikan dari kurangnya konsentrasi belajar peserta didik di dalam kelas yang menyebabkan mereka cenderung pasif dan kesulitan fokus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik melalui pemberian ice breaking dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 27 peserta didik kelas V A SD Negeri Bugangan 03 Semarang. Teknik Pengumpulan data meliputi observasi, wawamcara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan konsentrasi belajar peserta didik setelah dilakkukan pemberian ice breaking, dengan ditunjukan pada Pra Siklus konsentrasi belajar peserta didik sebesar 46,08% dengan kategori Rendah. Setelah diberi tindakan pada siklus I dengan pemberian ice breaking, konsentrasi belajar peserta didik meningkat menjadi 60,48% dengan kategori Sedang. Pada Siklus II dengan pemberian ice breaking yang lebih intens, konsentrasi belajar peserta didik meningkat lagi menjadi 81,43% dengan kategori Tinggi.

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290-298. https://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/53

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/475.

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324-1330. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15969.

jamarah, 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta., Yogyakarta: UNY

Marzatifa, L., Agustina, M., & Inayatillah, I. (2021). Ice breaking: Implementasi, manfaat dan kendalanya untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 162-171. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/3309.

Nuramaliana, S. (2016). Konsentrasi Belajar dan Penyesuaian Diri pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Ciawigebang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(9). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/4353.

SULFIKAR, S. (2021). MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MEMANFAATKAN METODE ICE BREAKING PADA PELAJARAN PAI DI KELAS VII SMPN SATAP 4 SALOLEKKO (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI). http://repository.uiad.ac.id/id/eprint/941/

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Rukhoiyah Khotimah, S., Sumarno, & Mas’udah. (2025). Peningkatan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Melalui Ice Breaking Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Bugangan 03 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 119–123. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6313

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar