164. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X Pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • Dyah Ayu Roudhotul Jannah Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Universitas PGRI Semarang
  • Diwyacitta Prasasti SMA N 9 Semarang

Keywords:

Model Problem Based Learning, Keaktifan Peserta Didik, Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas X dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model problem based learning. Jenis Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif (PTKK) berbasis lesson study. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-10 SMA N 9 Semarang dengan jumlah 36 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas X dalam pembelajaran biologi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil persentase keaktifan peserta didik kelas X-10 dari siklus I sebesar 61,16% dengan kategori “Cukup baik” ke siklus II sebesar 73,38% dengan kategori “ Baik”

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Jannah, D. A. R., Sumarno, & Prasasti, D. (2023). 164. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X Pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1491–1495. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4136

Issue

Section

Prosiding 2023