164. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X Pada Pembelajaran Biologi
Keywords:
Model Problem Based Learning, Keaktifan Peserta Didik, Pembelajaran BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas X dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model problem based learning. Jenis Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif (PTKK) berbasis lesson study. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-10 SMA N 9 Semarang dengan jumlah 36 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas X dalam pembelajaran biologi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil persentase keaktifan peserta didik kelas X-10 dari siklus I sebesar 61,16% dengan kategori “Cukup baik” ke siklus II sebesar 73,38% dengan kategori “ Baik”