170. Peningkatan Minat Belajar Biologi Peserta Didik dari Penerapan Model Problem Based Learning Pada Kelas X3 SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • Muchamad Abdul Sakban Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Universitas PGRI Semarang
  • Sri Sulistyowati SMA Negeri 9 Semarang

Keywords:

Minat, Pembelajaran, Problem Based Learning.

Abstract

Pembelajaran dikelas dipengaruhi oleh minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas. Maka itu dilakukan penelitian dengan bertujuan untuk menguji penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X3 di SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data angket/kuisioner dan observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yang dilakukan berdasarkan jawaban angket dianalisis menggunakan skala Likert, melalui perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan minat hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan minat belajar dari siklus 1 ke siklus 2 yang bisa dilihat dari persentase rata - rata indikator minat belajar maupun persentase minat belajar. Persentase minat belajar pada siklus 1 sebesar 53%. Pada siklus II, minat belajar peserta didik mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Rata-rata skor perolehan minat belajar biologi siklus 2 sebesar 70.08% termasuk kategori tinggi. Hasil tersebut merupakan menunjukan penerapan pembelajaran dikelas dengan model Problem Based Learning (PBL) bisa meningkatkan minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran mata pelajaran Biologi.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sakban, M. A., Sumarno, & Sulistyowati, S. (2023). 170. Peningkatan Minat Belajar Biologi Peserta Didik dari Penerapan Model Problem Based Learning Pada Kelas X3 SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1541–1548. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4143

Issue

Section

Prosiding 2023