Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Mengukur Sudut Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kongkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN Pedurungan Kidul 01
Keywords:
Problem, Based, Learning, Hasil, Belajar, benda, konkretAbstract
Rendahnya literasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Hobi yang menjadi prestasi. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan model dan metode pembelajaran yang inovatif seperti yang dianjurkan digunakan dalam Kurikulum Merdeka. Dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan agar siswa dapat aktif dan hasil belajarnya meningkat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Plamongansari 02 Semarang dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Adapun penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil aktivitas belajar siswa siklus 1 menunjukkan persentase sebesar 78% dan siklus 2 sebesar 87%. Hasil perbaikan pembelajaran siklus 1 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa dengan rata-rata 69 dan siklus 2 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa dengan rata-rata 77. Berdasarkan data hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa literasi Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan literasi belajar materi Hobi yang menjadi prestasi pada siswa kelas II SDN Plamongansari 02 Semarang.
References
Angrayni, afrita. (2019). Problematika pendidikan di Indonesia. Fakultas
Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon |2, 1–10.
Astuti, W., Arifah, S., & Nurhamami, S. S. (2023). Penerapan Model Problem based Learning Berbantuan
Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V SDN Wonokusumo
VI/45. Journal on Education, 5(2), 3114–3119. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.971
Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Learning (PBL)
Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2),
–5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232
Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar
Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64.
https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Faoziyah, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pbl.
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3555
Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514-1519.
Nurhasanah, S., Ariani, T., & Egok, A. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Rejosari. Linggau Journal Science Education, 2(3), 75–84.
Sanjaya, Wina.2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya Offest.
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Kencana
Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem based learning terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU,
(1), 14–27.
Ahyar, A., Sihkabuden, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Implementasi Model PembelajaranProblem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 5(2), 74-80.
Akmalia.(2016). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
dengan Strategi Numbered Heads Togeteher untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.Skripsi.Bandung.Universitas Pasundan.
Diakses Pada Desember 2021.
Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1941-1946.
Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Poly-glot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9- 18
Hariyani, T. I., Mudzanatun, & Nugroho, A. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar
Menggunakan Model Problem based learning pada Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Didaktik:
Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 3037–3049.
Karmajaya, I Wayan Agus; Kusmariyatni, Ni Nyoman. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1, April 2018 P-ISSN : 2621- 5713, EISSN : 2621-5705.