Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Mengukur Sudut Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kongkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN Pedurungan Kidul 01

Authors

  • Nani Risnawati Univesitas PGRI Semarang
  • Sumarno Univesitas PGRI Semarang
  • Tiyas Purnama Kartika Dewi SDN Pedurungan Kidul 01

Keywords:

Problem, Based, Learning, Hasil, Belajar, benda, konkret

Abstract

Rendahnya literasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Hobi yang menjadi prestasi. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan model dan metode pembelajaran yang inovatif seperti yang dianjurkan digunakan dalam Kurikulum Merdeka. Dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan agar siswa dapat aktif dan hasil belajarnya meningkat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Plamongansari 02 Semarang dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Adapun penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil aktivitas belajar siswa siklus 1 menunjukkan persentase sebesar 78% dan siklus 2 sebesar 87%. Hasil perbaikan pembelajaran siklus 1 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa dengan rata-rata 69 dan siklus 2 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa dengan rata-rata 77. Berdasarkan data hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa literasi Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan literasi belajar materi Hobi yang menjadi prestasi pada siswa kelas II SDN Plamongansari 02 Semarang.

References

Angrayni, afrita. (2019). Problematika pendidikan di Indonesia. Fakultas

Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon |2, 1–10.

Astuti, W., Arifah, S., & Nurhamami, S. S. (2023). Penerapan Model Problem based Learning Berbantuan

Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V SDN Wonokusumo

VI/45. Journal on Education, 5(2), 3114–3119. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.971

Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Learning (PBL)

Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2),

–5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar

Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64.

https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611

Faoziyah, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pbl.

JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3555

Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514-1519.

Nurhasanah, S., Ariani, T., & Egok, A. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Rejosari. Linggau Journal Science Education, 2(3), 75–84.

Sanjaya, Wina.2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya Offest.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Kencana

Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem based learning terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU,

(1), 14–27.

Ahyar, A., Sihkabuden, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Implementasi Model PembelajaranProblem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 5(2), 74-80.

Akmalia.(2016). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

dengan Strategi Numbered Heads Togeteher untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.Skripsi.Bandung.Universitas Pasundan.

Diakses Pada Desember 2021.

Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1941-1946.

Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Poly-glot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9- 18

Hariyani, T. I., Mudzanatun, & Nugroho, A. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar

Menggunakan Model Problem based learning pada Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Didaktik:

Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 3037–3049.

Karmajaya, I Wayan Agus; Kusmariyatni, Ni Nyoman. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1, April 2018 P-ISSN : 2621- 5713, EISSN : 2621-5705.

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Risnawati, N., Sumarno, & Purnama Kartika Dewi, T. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Mengukur Sudut Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kongkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN Pedurungan Kidul 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 179–190. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6315

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar