Improving students pronunciation in speaking class through English Fairy Tales channel at elevant grade of SMAN 9 SEMARANG in the Academic Year of 2023/2024)

Authors

  • Ngasini Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pengucapan, Text narrative, English fairytale Channel

Abstract

Kemampuan berbicara menjadi kemampuan yang dirasa sulit dikuasai dalam mempelajari bahas inggris. tak hanya karena pengucapannya yang berbeda tetapi intonasi yang kurang tepat juga dapat memicu salah tafsir bagi pendengar. Hal ini lah yang penulis temui diSMAN 9 SEMARANG tepatnya dikelas XI 10 dimana dalam proses pembelajaran narrative text mereka sering kali mengalami kesulitan dalam mengucapkan kata dan juga intonasi yang tepat, menyikapi hal tersebut penulis mencoba menerapkan pembelajaran berbasis teknologi dengan menggunakan media Youtube sebagai media untuk memudahkan mereka dalam melafalkan kata tujuannya agar kemampuan mengucapkan kata dalam bahasa inggris dapat meningkat. Dalam memilih video youtube, penulis memutuskan untuk menggunakan englishfairytales channel sebagai media tidak hanya karena memuat video yang interaktif tetapi dalam channel tersebut berisikan cerita dongeng yang relevan dengan materi yang diajarkan oleh penulis. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan test, observasi dan juga wawancara.Dimana dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus dimana pada siklus 1 terdapat beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus pertama sudah terlihat peningkatan kemampuan peserta didik tetapi tidak terlalu signifikan. Hanya ada 6 siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Dalam praktiknya masih banyak yang perlu diperbaiki, maka pada siklus II dilakukan perbaikan dari siklus I dimana pada siklus II terdapat perbedaan yang lumayan signifikan yang awalnya hanya ada 6 siswa yang diatas KKM pada siklus kedua ini terdapat menjadi 18 anak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengunaan englishfairytale dalam pembelajaran narrative text memang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik

References

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Gunawan, A. W. (2003). Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mohamed, M. & Guandasami, W. (2014). The Influence of Peer-to-Peer Social Networks and Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) in Mathematics, Proceeding of the International Conference on Computing Technology and Information Management, Dubai.

Snelson, C. (2011). YouTube across the Disciplines : A Review of the Literature. Merlot Journal of Online

YouTube Creator Academy. (2018). https://creatoracademy.YouTube. com

Brame C. J. (2016). Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content. CBE life sciences education, 15 (4), es6. https://doi.org/10.1187/cbe.16- 03-0125.

https://www.lifescied.org/doi/pd f/10.1187/cbe.16- 03-0125.

Hambrook, J. (1979). Television materials for ELT. Use of the Media in English Language Teaching. The British Council. ISBN: 0900229667

Ishak, I., dan Euis Yanah Mulyanah. (2020). Pelatihan Guru SD di Tangerang: Implementasi TPR dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Inggris. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), 1-5.

Jayani, D. H. (2020). Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/ datapublish/2020/02/26/10- media-sosialyang- paling-sering- digunakan-di-indonesia.

Kridalaksana, Harimurti. (2001). Kamus

Linguistik. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama Lestari, Renda. (2018). Pengunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris.Metode, dan Teknik Penelitian Sastra: Dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Richard, Jack C and Willy A Renandya. 2002. Methodology in Language. Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge University.

Rusma. 2014. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 1 Kedungwungu.” Jurnal Pendidikan Dasar 5 (2): 227-234.

Suharni. 2016. Using Presentation, Practice, Production Strategy Toward Students’ Ability In Comparison and Contrast Paragraph Writing. Vol. 1, No. 1.

Syafrizal and Siti J. The Use of Mind Mapping yo Improve Students’ Recount Text in Reading and Writing Skill at Eighth Grade Of Smp Islam Pariskian Kota Serang. Universitas of Sultan Agung Tirtayasa.

Vijayavalsalan, B. 2016. Mind Mapping as a Strategy for Enchacing Essay Writing Skills. New educational review, 4(5), 137-15

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ngasini. (2023). Improving students pronunciation in speaking class through English Fairy Tales channel at elevant grade of SMAN 9 SEMARANG in the Academic Year of 2023/2024). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 727–733. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5172

Issue

Section

Prosiding 2023