Application of Wordwall Media to Improve Students Writing Skill on Narrative Text

Authors

  • Savitri Dewi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Peningkatan, Media WordWall, Teks Narrative, Penilitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan dari media WordWall dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik pada materi Narrative Text. Subyek dari penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas XI-7 di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini sebagian besar merupakan data kuantitatif berupa nilai pesertda didik. Data pre-test dan post-test dilakukan dengan menggunakan hasil menyusun Narrative Text. Hasil dari siklus 1 menunjukkan bahwa penggunaan media WordWall meningkat dengan nilai rata-rata yang mulanya dari 70 menjadi 75. Namun, hasil dari siklus 1 belum memenuhi semua kriteria keberhasilan. Sehingga, siklus II diterapkan dengan metode diskusi dan menambahkan tabel pada tindakan siklus II. Hasil dari siklus II berhasil meningkatkan peserta didik menjadi 84, dan lebih dari 75% peserta didik mendapat nilai di atas standar minimal yaitu 75. Demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan WordWall efetif dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta didik pada materi Narrative Text.

References

Azizah, H. N. (2022). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. 1–16.

Farhaniah, S. (2021). Penerapan Media Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V SD Negeri 127 Kota Jambi. Prodi Pendidikan GuruMadrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Joon Woei, R. B. (2021). Integrasi Permainan Media Wordwall dalam Pendidikan Sejarah. Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 69-78.

Kasvi, M. D. (2022). The Effect of Teacher Competence, Student Discipline, and Learning Media Means on the Student'S Learning Effectiveness of Smkn 1 Cileungsi. State University of Jakarta - Faculty of Economics.

Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris Fase A - Fase F untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C.

Lengkoan, F. R. (2019). The Application of Special Self-Made Word Card for Vocabulary Teaching Particularly Irregular Verbs.

Maghfiroh, K. (2018). enggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. 64-70.

Parmawati. (2013). The efffectiveness of Think-Pair-Share (TPS) to Teach Writing Viewed From Students Creativity. (Doctoral dissertation, SEBELAS MARET UNIVERSITY).

Savira, A. &. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5453–5460.

Silvia, K. W. (2021). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Volume 9,. 261-269.

Susanti, S. &. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Kelas X SMAN 1 DRIYOREJO.

Ulya, H. (2019). IMPLEMENTATION OF “WORD WALL” TO INCREASE. ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY STATE INSTITUTE FOR ISLAMIC STUDIES (IAIN), 34-38.

Yulianti, S. N. (2019). Improving Students’ Writing Skill Using Brainswriting Strategy. . PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(5), 714.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dewi, S. (2023). Application of Wordwall Media to Improve Students Writing Skill on Narrative Text. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 501–507. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5145

Issue

Section

Prosiding 2023