Improving English Writing Skills in Narrative Text Using Mind Mapping
Keywords:
Menulis, Teks Naratif, Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI SMA MIPA 3 N 6 pada tahun 2023/2024 sebagai hasil belajar bahasa Inggris dalam materi Narrative Text dengan menggunakan metode Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan observasi. Analisis data digunakan dengan menghitung nilai tes per siklus, hasil pembelajaran rata-rata siswa per siklus, dan persentase intensitas belajar dengan skor intensitas individual standar 75. Dari hasil tes dalam penelitian ini, hasil meningkat pada siklus I dan II. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat dari 79,31 menjadi 88,11 pada siklus II, yang berarti peningkatan 8,8% poin. Ini berarti bahwa menggunakan pemetaan pikiran meningkatkan kemampuan kelas XI MIPA 3 SMA N 6 Semarang. Peningkatan juga terjadi dalam hasil masing-masing sub-indikator dari tes tertulis antara siklus 1 dan 2.
References
Alamsyah, M. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Belajar Dengan Mind Map. Jogjakarta:
Mitra Pelajar.
Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan Praktik.
Yogyakarta: Rineka Cipta.
Buzan, Tony. 2006. Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama Byrne D. 1988. Teaching Writing Skills. English. Longman Edition Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Doni, S and Edi S. 2019. Improving Writing Skills of Research Proposal
Through Mind Mapping of Economics Faculty Students of Tridinanti Universiti Palembang. Vol 422
Alamsyah, M. 2009. Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Belajar Dengan Mind Map. Jogjakarta: Mitra Pelajar.
Arikunto, S. 2002. Procedure penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Buzan, Tony. 2006. Mind Mapp Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama
Byrne D. 1988. Teaching Writing Skills. English. Longman Edition
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurilulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Doni, S and Edi S. 2019. Improving Writing Skill of Research Proposal Through Mind Mapping of Economics Faculty Students of Tridinanti Universiti Palembang. Vol 422 Ernwati, E. 2018. The Use of Mind Mapping Strategy to Improve Students’ Abilyti In Writing Procedure Text. Vol 13, No 1.
Fauzia, Rizka. 2018. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kedungwungu.” Jurnal Pendidikan Dasar 9 (2): 174-181.
Gerot, L and P Wignell. 1994. Making Sense of Functional Grammar. Sydney: Gerd Stabler. Heaton, J.B. (1979) Writing English Language Tests A Practical Guide for Teachers of English. 5th Edition, Longman, London, 138.
Kartawijaya, S. 2018. Improving Students’ Writing Skill in Writing Paragraph through an Outline Technique. Vol 3, No 3.
Kotob, F., Styger, L. & Richardson L. P., (2016). Exploring mind mapping techniques to analyze complex case study data. University of Wollongong Australia.
Mawadah, L. 2009. The Effectiveness of Mind Mapping Strategy in Teaching the Students to Write Descriptive Text: An Experimental Research of the Eight Grade Students of SMP N 1 Pegandon Kendal. Final Project. Semarang State University.
Nation, I.S,P & Newton, Jonathan. (2009). Teaching ESL/EFL Listening and. Speaking. New York: Routledge. Oxford Learners Pocket Dictionary New Eddition.
Nurlaila, A. (2013). The Use of Mind Mapping Technique In Writing Descriptive Text.Journal of English and Education, 1(2), p 9-13
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra: Dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Richard, Jack C and Willy A Renandya. 2002. Methodology in Language. Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge University.
Rusma. 2014. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 1 Kedungwungu.” Jurnal Pendidikan Dasar 5 (2): 227-234.
Suharni. 2016. Using Presentation, Practice, Production Strategy Toward Students’ Ability In Comparison and Contrast Paragraph Writing. Vol. 1, No. 1.
Syafrizal and Siti J. The Use of Mind Mapping yo Improve Students’ Recount Text in Reading and Writing Skill at Eighth Grade Of Smp Islam Pariskian Kota Serang. Universitas of Sultan Agung Tirtayasa.
Vijayavalsalan, B. 2016. Mind Mapping as a Strategy for Enchacing Essay Writing Skills. New educational review, 4(5), 137-15