Implementasi Pendekatan TaRL dengan Model PBL untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis materi SPLTV kelas X SMK

Authors

  • Ulya Ainun Nadziroh Universitas PGRI Semarang

Keywords:

TaRL, PBL, Berpikir Kritis

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X DPIB 2
SMK N 4 Semarang. Pembelajaran yang berpusat pada guru tidak mementingkan tingkat pemahaman
siswa yang berbeda-beda. Selain itu, siswa juga tidak terbiasa untuk berpikir kritis. Pendekatan
pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL) dengan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dapat mendukung kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan tetap
memperhatikan kesiapan belajar mereka yang berbeda-beda. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan
selama 2 siklus dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan
TaRL pada model pembelajaran PBL. Pembelajaran dengan pendekatan TaRL pada model PBL dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika pokok
bahasan SPLTV atau sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X DPIB 2 semester ganjil SMK N 4
Semarang tahun ajaran 2023/2024. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yang
mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada pra siklus menunjukkan hasil tes kemampuan
berpikir kritis memiliki rata-rata 63 siswa dengan ketuntasan klasikal 33%. Pada siklus I dengan
menerapkan model PBL dengan pendekatan TaRL, capaian hasil tes kemampuan berpikir kritis di akhir
siklus I yaitu 53% dengan rata-rata kelas 73. Kemudian pada siklus II dengan capaian rata-rata
kemampuan berpikir kritis 78% dengan rata-rata kelas 80. Sehingga, penerapan model PBL dengan
pendekatan TaRL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

References

As’ad, M. C., Sulistyarsi, A., &

Sukirmawati, J. (2023). Penerapan

Model Pembelajaran Problem

Based Learning (PBL) dengan

Pendekatan Teaching at the Right

Level (TaRL) dalam Meningkatkan

Hasil Belajar kognitif Siswa kelas X

pada Materi Inovasi Teknologi

Biologi SMA. EduInovasi: Journal

of Basic Educational Studies, 4(1),

–85.

https://doi.org/10.47467/edui.v4

Asti, P. N. W., & Andriyani. (2022).

Improving Critical Thinking Ability

and Active Learning of Statistics

Materials Through Problem Based

Learning Model with STEAM

Approach. Formosa Journal of

Sustainable Research (FJSR), 12,

–152.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem

Based Learning: What and How Do

Students Learn? Educational

80

Pra Siklus Siklus I Siklus II

Kemampuan Berpikir Kritis

dan Ketuntasan Klasikal

Rata-Rata Ketuntasan Klasikal (dalam %)

Psychology Review, 16(3), 235

Isti’anah, A., & Setiadi, Y. (2023).

Meningkatkan Hasil Belajar

Peserta Didik melalui Pendekatan

Teaching at the Right Level Model

Problem Based Learning

Berbantuan LKPD pada Mata

Pelajaran Ekonomi Kelas X-4 di

SMA Negeri 74 Jakarta. Pendas:

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

(2), 1178–1191.

Kurniawan, F. A., Nurfahrudianto, A., &

Yohanie, D. D. (2023).

Kemampuan Berpikir Kritis

Matematis Ditinjau Dari Hasil

Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Citra Bakti, 10(3),

–649.

Masek, A., & Yamin, S. (2017). Effect of

Problem-Based Learning on

Critical Thinking Ability: A

Theoretical and Empirical Review.

Review of Educational Research

and Studies, 2(1), 53-66.

Menon, R. D., & Attridge, A. N. (2017).

Teaching at the Right Level: A Case

for Customized Curricula and Skill

Specific Instruction. The Journal of

Economic Education, 48(1), 31-47.

National Council of Teachers of

Mathematics (NCTM). (2020).

Solving Systems of Linear

Equations. [Online]

https://www.nctm.org/standardmath

common-core-standards/focus/high-

school-algebra/solving-systems-of-linear-

equations/

Nurfarida, A. D., Buchori, A., &

Dwijayanti, I. (2021). Efektivitas

Model Pembelajaran Means

Ends Analysis (MEA) dan

Creative Problem Solving (CPS)

Berbantu E-Modul terhadap

Kemampuan Berfikir Kritis

Matematis Siswa Kelas VIII

SMP Negeri 2 Mranggen pada

Materi Sistem Koordinat.

Imajiner: Jurnal Matematika Dan

Pendidikan Matematika, 3(6),

–456.

Susanti, dkk. (2022). Panduan

Pembelajaran dan Asesmen

Jenjang Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta:

Kemdikbud.

Turhusna, D., & Solatun, S.

(2020).Perbedaan Individu dalam

Proses Pembelajaran. AS-

SABIQUN, 2(1), 18–42.

https://doi.org/10.36088/assabiqun.

v2i1.613

Wahyuni, Wahyuni. (2019). Pengaruh

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Physics Clebo Tournament

terhadap Peningkatan Hasil Belajar

dan Kerjasama pada Materi

Fisika Kelas VIII SMP Negeri 2

Barombong. Undergraduate

(S1) thesis, Universitas Islam

Negeri Alauddin Makassar.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nadziroh, U. A. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL dengan Model PBL untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis materi SPLTV kelas X SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1421–1428. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5277

Issue

Section

Prosiding 2023