Implementasi Pendekatan TaRL dengan Model PBL untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis materi SPLTV kelas X SMK
Keywords:
TaRL, PBL, Berpikir KritisAbstract
Latarbelakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X DPIB 2
SMK N 4 Semarang. Pembelajaran yang berpusat pada guru tidak mementingkan tingkat pemahaman
siswa yang berbeda-beda. Selain itu, siswa juga tidak terbiasa untuk berpikir kritis. Pendekatan
pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL) dengan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dapat mendukung kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan tetap
memperhatikan kesiapan belajar mereka yang berbeda-beda. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan
selama 2 siklus dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan
TaRL pada model pembelajaran PBL. Pembelajaran dengan pendekatan TaRL pada model PBL dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika pokok
bahasan SPLTV atau sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X DPIB 2 semester ganjil SMK N 4
Semarang tahun ajaran 2023/2024. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yang
mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada pra siklus menunjukkan hasil tes kemampuan
berpikir kritis memiliki rata-rata 63 siswa dengan ketuntasan klasikal 33%. Pada siklus I dengan
menerapkan model PBL dengan pendekatan TaRL, capaian hasil tes kemampuan berpikir kritis di akhir
siklus I yaitu 53% dengan rata-rata kelas 73. Kemudian pada siklus II dengan capaian rata-rata
kemampuan berpikir kritis 78% dengan rata-rata kelas 80. Sehingga, penerapan model PBL dengan
pendekatan TaRL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
References
As’ad, M. C., Sulistyarsi, A., &
Sukirmawati, J. (2023). Penerapan
Model Pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dengan
Pendekatan Teaching at the Right
Level (TaRL) dalam Meningkatkan
Hasil Belajar kognitif Siswa kelas X
pada Materi Inovasi Teknologi
Biologi SMA. EduInovasi: Journal
of Basic Educational Studies, 4(1),
–85.
https://doi.org/10.47467/edui.v4
Asti, P. N. W., & Andriyani. (2022).
Improving Critical Thinking Ability
and Active Learning of Statistics
Materials Through Problem Based
Learning Model with STEAM
Approach. Formosa Journal of
Sustainable Research (FJSR), 12,
–152.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem
Based Learning: What and How Do
Students Learn? Educational
80
Pra Siklus Siklus I Siklus II
Kemampuan Berpikir Kritis
dan Ketuntasan Klasikal
Rata-Rata Ketuntasan Klasikal (dalam %)
Psychology Review, 16(3), 235
Isti’anah, A., & Setiadi, Y. (2023).
Meningkatkan Hasil Belajar
Peserta Didik melalui Pendekatan
Teaching at the Right Level Model
Problem Based Learning
Berbantuan LKPD pada Mata
Pelajaran Ekonomi Kelas X-4 di
SMA Negeri 74 Jakarta. Pendas:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
(2), 1178–1191.
Kurniawan, F. A., Nurfahrudianto, A., &
Yohanie, D. D. (2023).
Kemampuan Berpikir Kritis
Matematis Ditinjau Dari Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Citra Bakti, 10(3),
–649.
Masek, A., & Yamin, S. (2017). Effect of
Problem-Based Learning on
Critical Thinking Ability: A
Theoretical and Empirical Review.
Review of Educational Research
and Studies, 2(1), 53-66.
Menon, R. D., & Attridge, A. N. (2017).
Teaching at the Right Level: A Case
for Customized Curricula and Skill
Specific Instruction. The Journal of
Economic Education, 48(1), 31-47.
National Council of Teachers of
Mathematics (NCTM). (2020).
Solving Systems of Linear
Equations. [Online]
https://www.nctm.org/standardmath
common-core-standards/focus/high-
school-algebra/solving-systems-of-linear-
equations/
Nurfarida, A. D., Buchori, A., &
Dwijayanti, I. (2021). Efektivitas
Model Pembelajaran Means
Ends Analysis (MEA) dan
Creative Problem Solving (CPS)
Berbantu E-Modul terhadap
Kemampuan Berfikir Kritis
Matematis Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 2 Mranggen pada
Materi Sistem Koordinat.
Imajiner: Jurnal Matematika Dan
Pendidikan Matematika, 3(6),
–456.
Susanti, dkk. (2022). Panduan
Pembelajaran dan Asesmen
Jenjang Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta:
Kemdikbud.
Turhusna, D., & Solatun, S.
(2020).Perbedaan Individu dalam
Proses Pembelajaran. AS-
SABIQUN, 2(1), 18–42.
https://doi.org/10.36088/assabiqun.
v2i1.613
Wahyuni, Wahyuni. (2019). Pengaruh
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Physics Clebo Tournament
terhadap Peningkatan Hasil Belajar
dan Kerjasama pada Materi
Fisika Kelas VIII SMP Negeri 2
Barombong. Undergraduate
(S1) thesis, Universitas Islam
Negeri Alauddin Makassar.