260. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran PBL Siswa Kelas 3 di SD 1 Wergu Wetan

Authors

  • Novela Simpatika Virgin Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Universitas PGRI Semarang
  • Dewi Rinawati SD 1 Wergu Wetan

Keywords:

Critical Thinking, Problem Based Learnin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis melalui model PBL(problem-based learning)  kelas 1 di SD Wergu Wetan. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa oleh karena itu perlu adanya suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa melalui penerapan model PBL. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 3 SD Wergu Wetan dengan subjek penelitian adalah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hasil prasiklus siswa pada kemampuan berpikir kritis mencapai (55%), siklus I (74,44%), dan siklus II (85,18%). Simpulan dalam penelitian ini yaitu pengunaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Kelas 3 SD 1 Wergu Wetan.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Virgin, N. S., Sukamto, Sukamto, & Rinawati, D. (2023). 260. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran PBL Siswa Kelas 3 di SD 1 Wergu Wetan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2304–2309. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4374

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)