260. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran PBL Siswa Kelas 3 di SD 1 Wergu Wetan
Keywords:
Critical Thinking, Problem Based LearninAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis melalui model PBL(problem-based learning) kelas 1 di SD Wergu Wetan. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa oleh karena itu perlu adanya suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa melalui penerapan model PBL. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 3 SD Wergu Wetan dengan subjek penelitian adalah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hasil prasiklus siswa pada kemampuan berpikir kritis mencapai (55%), siklus I (74,44%), dan siklus II (85,18%). Simpulan dalam penelitian ini yaitu pengunaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Kelas 3 SD 1 Wergu Wetan.