Project Based Learning Berbantuan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Siswa
Keywords:
Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Keaktifan Belajar, Teknologi DigitalAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan komponen penting yang harus dimiliki siswa terutama dalam
proses pembelajaran matematika. Selain itu, keaktifan belajar siswa juga berperan penting dalam
tercapainya tujuan pembelajaran. Namun fakta di lapangan menunjukkan kemampuan berpikir kritis
dan keaktifan belajar siswa masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan
untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar adalah dengan Project Based
Learning (PJBL) berbantuan teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa dengan model PJBL berbantuan teknologi
digital. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan
oleh Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat)
tahapan, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa SMK N 6 Semarang kelas X Busana berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis secara
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa
pada prasiklus sebesar 67, kemudian pada siklus I sebesar 74, dan pada siklus II sebesar 80.
Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa, persentase keaktifan belajar siswa pada saat prasiklus
sebesar 50%, pada siklus I sebesar 65%, dan pada siklus II sebesar 77%. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PJBL) berbantuan teknologi digital
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa.
References
Aini, S. N., Pramasdyahsari, A. S., &
Setyawati, R. D. (2023).
Pengembangan Instrumen Tes
Berpikir Kritis Matematis Berbasis
PjBL STEM Menggunakan Pendekatan
Etnomatematika. Jurnal Cendekia:
Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2),
–2126.
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti,
H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur:
Peran inovasi pendidikan pada
pembelajaran berbasis teknologi
digital. Jurnal Inovasi Teknologi
Pendidikan, 8(2), 173–184.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021).
Analisis penggunaan model
pembelajaran project based learning
dalam peningkatan keaktifan siswa.
Jurnal Pendidikan Administrasi
Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.
Asti, P. N. W., & Andriyani. (2022).
Improving Critical Thinking Ability
and Active Learning of Statistics
Materials Through Problem Based
Learning Model with STEAM
Approach. Formosa Journal of
Sustainable Research (FJSR), 12, 133–
Buchori, A., & Kholifah, S. (2022).
Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Siswa SMA Dalam Materi Bunga
Tabungan Dan Pajak Menggunakan
Desain Multimedia Interaktif. Jurnal
Derivat: Jurnal Matematika Dan
Pendidikan Matematika, 9(2), 174–
Daniel, F. (2017). kemampuan berpikir
kritis siswa pada implementasi Project
Based Learning (PJBL) berpendekatan
saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan
Matematika Indonesia), 1(1), 7–13.
Dewi, K. A. I. D., Suarsana, I. M., &
Juniantari, M. (2020). Pengaruh E-
Learning Berbasis Rumah Belajar
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Matematika Siswa. Wahana
Matematika Dan Sains: Jurnal
Matematika, Sains, Dan
Pembeljarannya, 14(1), 65–77.
Dimyanti, & Mudjiono. (2002). Belajar
dan Pembelajaran. Rineka Cipta
dan Depdikbud.
Firmansyah, R., Marlina, L., & Dwikoranto,
D. (2023). Penerapan Model
Pembelajaran Project Based Learning
pada Materi Energi dan Perubahannya
untuk Meningkatkan Keaktifan dan
Hasil Belajar Siswa di SMKN 1
Kertosono. PENDIPA Journal of
Science Education, 7(1), 80–86.
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019).
Pemanfaatan teknologi digital dalam
kegiatan pembelajaran. Jurnal
Pendidikan Dan Pengajaran Guru
Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 10–
Inayah, Z., Buchori, A., & Pramasdyahsari,
A. S. (2021). The Effectiveness Of
Problem Based Learning (Pbl) And
Project Based Learning (Pjbl) Assisted
Kahoot Learning Models On Student
Learning Outcomes. International
Journal of Research in Education
(IJRE), 1(2), 129–137.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1992). The
action research planner(3rd ed.) (3rd
ed). Deakin University Press.
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan
kemampuan berpikir kritis dan hasil
belajar matematika dengan model
Project Based Learning (PJBL).
Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10.
Kurniawan, F. A., Nurfahrudianto, A., &
Yohanie, D. D. (2023). Kemampuan
Berpikir Kritis Matematis Ditinjau
Dari Hasil Belajar Siswa. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3),
–649.
Lufianawati, D. E. T. (2021). Pelatihan
Software Matlab Untuk Penyelesaian
Masalah Di Bidang Matematika.
Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks
Untuk Masyarakat, 10(1), 14–16.
Marselus, M. (2021). Penerapan Model
Pembelajaran Project Based Learning
Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan
Motivasi Belajar Siswa Kelas X
Multimedia Mata Pelajaran Simulasi
Dan Komunikasi Digital Di SMK
Negeri 1 Mempawah Hulu. Jurnal
Penelitian Inovatif, 1(1), 21–34.
NCTM. (2000). Principles and Standards
for School Mathematics. NCTM.
Nurfarida, A. D., Buchori, A., & Dwijayanti,
I. (2021). Efektivitas Model
Pembelajaran Means Ends Analysis
(MEA) dan Creative Problem Solving
(CPS) Berbantu E-Modul terhadap
Kemampuan Berfikir Kritis Matematis
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2
Mranggen pada Materi Sistem
Koordinat. Imajiner: Jurnal
Matematika Dan Pendidikan
Matematika, 3(6), 449–456.
Permana, F. C., Sari, M. P., Sylviani, S.,
Sari, I. P., Firmansyah, F. H., &
Rinjani, D. (2023). Pengenalan
Computational Thinking Dalam
Menghadapi Kurikulum Dengan
Pembelajaran Abad Xxi Bagi Guru
Sekolah Dasar. Dharmakarya: Jurnal
Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat,
(2), 159–166.
Rahayuningsih, S., Nurasrawati, N., &
Nurhusain, M. (2022). Komparasi
Efektivitas Model Pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) dan
Konvensional: Studi Pada Siswa
Menengah Pertama. Kognitif: Jurnal
Riset HOTS Pendidikan Matematika,
(2), 118–129.
Sakinah, A. P., Destiana, A., Primadona, D.,
Sari, I. P., & Salsabilah, N. (2023).
Meningkatkan keaktifan belajar siswa
dengan menggunakan model
pembelajaran Project Based Learning.
Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Indonesia, 2(4), 226–231.
Sari, E. R., Yusnan, M., & Matje, I. (2022).
Peran Guru Dalam Meningkatkan
Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media
Pembelajaran. Jurnal Eduscience,
(2), 583–591.
Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., &
Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan
Model Pembelajaran Project Based
Learning Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Kelas Iiisekolah Dasar. Jurnal
Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563.
Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., &
Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan
Model Pembelajaran Project Based
Learning Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Kelas Iiisekolah Dasar. Jurnal
Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563.