Project Based Learning Berbantuan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Siswa

Authors

  • Febriana Mulyana Putri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Keaktifan Belajar, Teknologi Digital

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan komponen penting yang harus dimiliki siswa terutama dalam
proses pembelajaran matematika. Selain itu, keaktifan belajar siswa juga berperan penting dalam
tercapainya tujuan pembelajaran. Namun fakta di lapangan menunjukkan kemampuan berpikir kritis
dan keaktifan belajar siswa masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan
untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar adalah dengan Project Based
Learning (PJBL) berbantuan teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa dengan model PJBL berbantuan teknologi
digital. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan
oleh Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat)
tahapan, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa SMK N 6 Semarang kelas X Busana berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis secara
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa
pada prasiklus sebesar 67, kemudian pada siklus I sebesar 74, dan pada siklus II sebesar 80.
Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa, persentase keaktifan belajar siswa pada saat prasiklus
sebesar 50%, pada siklus I sebesar 65%, dan pada siklus II sebesar 77%. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PJBL) berbantuan teknologi digital
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa.

References

Aini, S. N., Pramasdyahsari, A. S., &

Setyawati, R. D. (2023).

Pengembangan Instrumen Tes

Berpikir Kritis Matematis Berbasis

PjBL STEM Menggunakan Pendekatan

Etnomatematika. Jurnal Cendekia:

Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2),

–2126.

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti,

H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur:

Peran inovasi pendidikan pada

pembelajaran berbasis teknologi

digital. Jurnal Inovasi Teknologi

Pendidikan, 8(2), 173–184.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021).

Analisis penggunaan model

pembelajaran project based learning

dalam peningkatan keaktifan siswa.

Jurnal Pendidikan Administrasi

Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.

Asti, P. N. W., & Andriyani. (2022).

Improving Critical Thinking Ability

and Active Learning of Statistics

Materials Through Problem Based

Learning Model with STEAM

Approach. Formosa Journal of

Sustainable Research (FJSR), 12, 133–

Buchori, A., & Kholifah, S. (2022).

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Siswa SMA Dalam Materi Bunga

Tabungan Dan Pajak Menggunakan

Desain Multimedia Interaktif. Jurnal

Derivat: Jurnal Matematika Dan

Pendidikan Matematika, 9(2), 174–

Daniel, F. (2017). kemampuan berpikir

kritis siswa pada implementasi Project

Based Learning (PJBL) berpendekatan

saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan

Matematika Indonesia), 1(1), 7–13.

Dewi, K. A. I. D., Suarsana, I. M., &

Juniantari, M. (2020). Pengaruh E-

Learning Berbasis Rumah Belajar

Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Matematika Siswa. Wahana

Matematika Dan Sains: Jurnal

Matematika, Sains, Dan

Pembeljarannya, 14(1), 65–77.

Dimyanti, & Mudjiono. (2002). Belajar

dan Pembelajaran. Rineka Cipta

dan Depdikbud.

Firmansyah, R., Marlina, L., & Dwikoranto,

D. (2023). Penerapan Model

Pembelajaran Project Based Learning

pada Materi Energi dan Perubahannya

untuk Meningkatkan Keaktifan dan

Hasil Belajar Siswa di SMKN 1

Kertosono. PENDIPA Journal of

Science Education, 7(1), 80–86.

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019).

Pemanfaatan teknologi digital dalam

kegiatan pembelajaran. Jurnal

Pendidikan Dan Pengajaran Guru

Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 10–

Inayah, Z., Buchori, A., & Pramasdyahsari,

A. S. (2021). The Effectiveness Of

Problem Based Learning (Pbl) And

Project Based Learning (Pjbl) Assisted

Kahoot Learning Models On Student

Learning Outcomes. International

Journal of Research in Education

(IJRE), 1(2), 129–137.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1992). The

action research planner(3rd ed.) (3rd

ed). Deakin University Press.

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan

kemampuan berpikir kritis dan hasil

belajar matematika dengan model

Project Based Learning (PJBL).

Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10.

Kurniawan, F. A., Nurfahrudianto, A., &

Yohanie, D. D. (2023). Kemampuan

Berpikir Kritis Matematis Ditinjau

Dari Hasil Belajar Siswa. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3),

–649.

Lufianawati, D. E. T. (2021). Pelatihan

Software Matlab Untuk Penyelesaian

Masalah Di Bidang Matematika.

Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks

Untuk Masyarakat, 10(1), 14–16.

Marselus, M. (2021). Penerapan Model

Pembelajaran Project Based Learning

Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan

Motivasi Belajar Siswa Kelas X

Multimedia Mata Pelajaran Simulasi

Dan Komunikasi Digital Di SMK

Negeri 1 Mempawah Hulu. Jurnal

Penelitian Inovatif, 1(1), 21–34.

NCTM. (2000). Principles and Standards

for School Mathematics. NCTM.

Nurfarida, A. D., Buchori, A., & Dwijayanti,

I. (2021). Efektivitas Model

Pembelajaran Means Ends Analysis

(MEA) dan Creative Problem Solving

(CPS) Berbantu E-Modul terhadap

Kemampuan Berfikir Kritis Matematis

Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2

Mranggen pada Materi Sistem

Koordinat. Imajiner: Jurnal

Matematika Dan Pendidikan

Matematika, 3(6), 449–456.

Permana, F. C., Sari, M. P., Sylviani, S.,

Sari, I. P., Firmansyah, F. H., &

Rinjani, D. (2023). Pengenalan

Computational Thinking Dalam

Menghadapi Kurikulum Dengan

Pembelajaran Abad Xxi Bagi Guru

Sekolah Dasar. Dharmakarya: Jurnal

Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat,

(2), 159–166.

Rahayuningsih, S., Nurasrawati, N., &

Nurhusain, M. (2022). Komparasi

Efektivitas Model Pembelajaran

Project Based Learning (PjBL) dan

Konvensional: Studi Pada Siswa

Menengah Pertama. Kognitif: Jurnal

Riset HOTS Pendidikan Matematika,

(2), 118–129.

Sakinah, A. P., Destiana, A., Primadona, D.,

Sari, I. P., & Salsabilah, N. (2023).

Meningkatkan keaktifan belajar siswa

dengan menggunakan model

pembelajaran Project Based Learning.

Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin

Indonesia, 2(4), 226–231.

Sari, E. R., Yusnan, M., & Matje, I. (2022).

Peran Guru Dalam Meningkatkan

Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media

Pembelajaran. Jurnal Eduscience,

(2), 583–591.

Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., &

Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan

Model Pembelajaran Project Based

Learning Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Kelas Iiisekolah Dasar. Jurnal

Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563.

Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., &

Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan

Model Pembelajaran Project Based

Learning Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Kelas Iiisekolah Dasar. Jurnal

Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Putri, F. M. (2023). Project Based Learning Berbantuan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1329–1340. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5265

Issue

Section

Prosiding 2023