IMPLEMENTASI DIFERENSIASI PRODUK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS X
Keywords:
diferensiasi produk, kreatif, kritis, problem based learningAbstract
Kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang masih rendah disebabkan karena siswa lebih banyak menghafal materi dibanding memahami konsep pembelajaran dengan menganalisis dan mengevaluasinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui implementasi diferensiasi produk berbasis Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Kesatrian 2 Semarang dengan jumlah sebanyak 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis produk berdasarkan kriteria rubrik berpikir kritis dan kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 55,55% dengan kategori sedang dan berpikir kreatif siswa rata-rata berada tingkat level 2 (cukup kreatif) karena siswa dapat memecahkan masalah dengan satu solusi yang berbeda dari yang lain, belum mampu memecahkan masalah lebih dari satu solusi tetapi tidak dapat mengembangkan cara lain untuk menyelesaikan. Pada siklus II keterampilan berpikir kritis sebesar 75% dengan kategori tinggi dan keterampilan berpikir kreatif siswa rata-rata berada tingkat level 3 (kreatif) karena siswa dapat memecahkan masalah dengan lebih dari satu solusi tetapi tidak dapat mengembangakan cara lain untuk menyelesaikannya. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi diferensiasi produk berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa.
References
Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (2022). Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi. Jurnal On Tracher Education. 3, 65–81. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4384/3064
Arifah, N., Kadir, F., & Nuroso, H. (2021). Hubungan Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika Siswa. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapanya, 4(1), 14–20. https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.946
Avandra, R., & Desyandri. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2944–2960. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.618
Dupri, Nazirun, N., & Candra, O. (2021). Creative Thinking Learning of Physical Education: Can Be Enhanced Using Discovery Learning Model? Journal Sport Area, 6(1), 37–47. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).5690
Fakhrizal, T., & Hasanah, U. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas X SMA NEGERI 1 KLUET TENGAH. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 8(2), 200. https://doi.org/10.22373/biotik.v8i2.8222
Hadi, W., Prihasti Wuriyani, E., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (PBL) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Basastra, 11(1), 56. https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33852
Handayani. (2020). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Jaya, I. M., Sadia, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Setting Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Siswa SMP. In Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Vol. 4). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1065
Lestari, K. C., Agustini, F., & Azizah, M. (2021). Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Godong Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Js (Jurnal Sekolah), 6(1), 35. https://doi.org/10.24114/js.v6i1.29897
Mardiyanti. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 149–157. https://doi.org/10.51878/action.v1i2.637
Prayogi, Saiful & Asy’ari, M. (2013). Implementasi Model PBL (Problem Based Learning ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Prisma Sains, 20(1), 1–9. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/prismasains/article/view/521/485
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Model PBM DAN STM. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926
Saparahayuningsih, S. (2010). Peningkatan Kecerdasan dan Kreativitas siswa. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 1(1), 1–6. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/1665/1872
Silaban, B., Batu, E. D. L., Surbakti, M., Silaban, W. M., & Pasaribu, I. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Problem-Based Learning di SMP Negeri 1 Borbor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 3956–3962. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.961
Siswanto, J. (2023). Studi Komparasi Keefektifan Model PBL dan AIR Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 6(024), 1–7. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta/issue/view/168
Siswono, T. Y. E. (2011). Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Reviews, 6(7), 548–553. https://www.academia.edu/22054026/Level_of_students_creative_thinking_in_classroom_mathematics
Swandewi. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1), 248–253. https://jurnal.markandeyabali.ac.id/index.php/deiksis/article/view/54/50
Wahyudin. (2017). 4 Penilaian Poster Penelitian. Informasi Riset Dan Inovasi.
Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Zakaria. (2020). Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD / MI. Jurnal Dirasah, 03(2), 106–120. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir