STUDENTS' PERCEPTION OF WRITING PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DI SMK
STUDENTS' PERCEPTION OF WRITING LEARNING SCIENTIFIC WORK WITH CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING APPROACH AT SMK
Keywords:
Pendekatan Culturally Responsive Teaching, Menulis, karya ilmiahAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan latarbelakang hasil belajar
peserta didik SMK Negeri 4 Semarang yang cukup monoton dan tidak bervariasi dalam
pengambilan tema penulisan karya ilmiah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga
pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah peserta didik kelas XI DPIB 1 dengan
pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini dibuat untuk mengetahui
pendapat peserta didik terhadap pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) sebagai
pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran menulis karya ilmiah. Teknik yang digunakan
adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa kuisioner. Jumlah sampel dalam
penilitian ini ada 35 peserta didik kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 4 Semarang.
Hasil tersebut menunjukan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat
meningkatkan keterampilan menulis dalam pembelajaran teks karya ilmiah dan dituangkan
dalam projek artikel sekaligus dapat memperkenalkan keanekaragaman budaya daerah tempat
tinggal peserta didik.
References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta : Bumi
Aksara
Hernandez, C,M., Morales, A.R., & Shroyer, M.G. (2013) The Development of A
Model of Culturally Responsive Science and Mathematics Teaching. Culturally Studies
of Science Education, 8,803-820.
Putri, D,A,H., Asrizal, & Usmedi (2022), Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran
Sains Terhadap Hasil Belajar: Meta Analisis. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi
Pendidikan Fisika, 8 (1) 103-108.
Rahayu, S. (2019). Standar Proses PERMENDIKBUD Nomor 65 Tahun 2019. INA-Rxiv Papers, 65, 1–15. https://osf.io/preprints/inarxiv/gnmrk/
Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
Dan R & D. Bandung :Alfabeta.
Taher, T.(2023) Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Intrivert
dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Jaournal of Educational
Chemistry, 5 (1),21-27.
Yulia, Shasliani., & Leli A. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Teams Games Tournamen (TGT)untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Kegiatan
Ekonomi Siswa Kelas V UPTD SPF SDN 20 Totakka Kecamatan Lalabata Kabupaten
Sopeng. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 01 (2)