STUDENTS' PERCEPTION OF WRITING PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DI SMK

STUDENTS' PERCEPTION OF WRITING LEARNING SCIENTIFIC WORK WITH CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING APPROACH AT SMK

Authors

  • Monica gyta rini Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pendekatan Culturally Responsive Teaching, Menulis, karya ilmiah

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan latarbelakang hasil belajar
peserta didik SMK Negeri 4 Semarang yang cukup monoton dan tidak bervariasi dalam
pengambilan tema penulisan karya ilmiah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga
pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah peserta didik kelas XI DPIB 1 dengan
pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini dibuat untuk mengetahui
pendapat peserta didik terhadap pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) sebagai
pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran menulis karya ilmiah. Teknik yang digunakan
adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa kuisioner. Jumlah sampel dalam
penilitian ini ada 35 peserta didik kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 4 Semarang.
Hasil tersebut menunjukan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat
meningkatkan keterampilan menulis dalam pembelajaran teks karya ilmiah dan dituangkan
dalam projek artikel sekaligus dapat memperkenalkan keanekaragaman budaya daerah tempat
tinggal peserta didik.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta : Bumi

Aksara

Hernandez, C,M., Morales, A.R., & Shroyer, M.G. (2013) The Development of A

Model of Culturally Responsive Science and Mathematics Teaching. Culturally Studies

of Science Education, 8,803-820.

Putri, D,A,H., Asrizal, & Usmedi (2022), Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran

Sains Terhadap Hasil Belajar: Meta Analisis. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi

Pendidikan Fisika, 8 (1) 103-108.

Rahayu, S. (2019). Standar Proses PERMENDIKBUD Nomor 65 Tahun 2019. INA-Rxiv Papers, 65, 1–15. https://osf.io/preprints/inarxiv/gnmrk/

Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

Dan R & D. Bandung :Alfabeta.

Taher, T.(2023) Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Intrivert

dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Jaournal of Educational

Chemistry, 5 (1),21-27.

Yulia, Shasliani., & Leli A. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Teams Games Tournamen (TGT)untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Kegiatan

Ekonomi Siswa Kelas V UPTD SPF SDN 20 Totakka Kecamatan Lalabata Kabupaten

Sopeng. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 01 (2)

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

gyta rini, M. (2024). STUDENTS’ PERCEPTION OF WRITING PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DI SMK: STUDENTS’ PERCEPTION OF WRITING LEARNING SCIENTIFIC WORK WITH CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING APPROACH AT SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 199–205. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5812

Issue

Section

Bahasa Indonesia