149. Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Menggunakan Pendekatan Culturraly Responsive Teaching pada Peserta Didik SMP

Authors

  • Rosalia Aryani
  • Ngatmini
  • Theresia Danik Kristanti

Keywords:

menulis surat pribadi, pendekatan, Culturally Responsive Teaching

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes (observasi dan wawancara). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif deskripstif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis surat pribadi dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 6 Semarang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil yang meningkat dari rata-rata siklus I 74 dengan ketuntasan 45% meningkat 42% menjadi 89 dengan ketuntasan 87% di siklus II. Terjadi peningkatan keaktifan belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran menulis surat pribadi dari hasil observasi yang dilakukan teman sejawat dengan hasil 19 % dengan kriteria tinggi meningkat 49% menjadi 68% pada siklus II.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Aryani, R. ., Ngatmini, & Kristanti, T. D. . (2023). 149. Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Menggunakan Pendekatan Culturraly Responsive Teaching pada Peserta Didik SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1368–1378. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4090

Issue

Section

Prosiding 2023