PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG KELAS X MELALUI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING

Authors

  • Saiful Hidayat Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Universitas PGRI Semarang
  • Gunarti Krisnaningsih SMA Negeri 2 Semarang

Keywords:

Prestasi Belajar, Matematika, Culturally Responsive Teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika di kelas X.1 SMA Negeri 2 Semarang dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang terdapat di dalam kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMA Negeri 2 Semarang semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis. Teknik analisis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 38,89% pada pembelajaran pra siklus menjadi 69,44% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada perolehan nilai rata-rata siswa. Pada pembelarajaran pra siklus perolehan nilai rata-rata siswa sebesar 60.97, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 73,75 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,75.

References

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). NewYork : Teachers College Press.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hernita, L. V., Istihapsari, V., & Widayati, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas XI-2 SMA N 2 Bantul dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Google Sites. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 424–430.

Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 134–139.

Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta.

Maryono, M., Sinulingga, K., Nasution, D., & Sirait, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kultur Budaya Jawa Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 13-24.

Rahmawati, Y., Ridwan, A., Faustine, S., & Mawarni, P. C. (2020). Pengembangan Soft Skills Siswa Melalui Penerapan Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 85–96. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.317

Rahmawati, Y., Ridwan, A., Faustine, S., Syarah, S., Ibrahim, I., & Mawarni, P. C. (2020). Pengembangan Literasi Sains Dan Identitas Budaya Siswa Melalui Pendekatan Etno-Pedagogi Dalam Pembelajaran Sains. Edusains, 12(1), 54–63. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12428

Rahmawati, Y., & Taylor, P. C. (2018). “The fish becomes aware of the water in which it swims”: revealing the power of culture in shaping teaching identity. Cultural Studies of Science Education, 13(2), 525–537. https://doi.org/10.1007/s11422-016-9801-1

Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa 2 Sma Negeri 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.18

Sukendraa, I. K., & Sumandya, I. W. (2020). Analisis Problematika dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 177–186.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

UUD RI RI No. 41. (1999). Presiden Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan, 2003(1), 1–5. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-undang-nomo

Yesiana, P. F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Iv Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016 / 2017. 6(3), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/8622/5621

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Saiful Hidayat, Rasiman, & Gunarti Krisnaningsih. (2024). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG KELAS X MELALUI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 137–147. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6045

Issue

Section

Matematika

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>