PENERAPAN MODEL PJBL DALAM MENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS TEKS KARYA ILMIAH BERBANTUKAN BLOGGER PADA PESERTA DIDIK KELAS XI KULINER 3 SMK N 6 SEMARANG
Keywords:
project based learning, teks karya ilmiah, blogger, ketrampilan menulisAbstract
Pembelajaran menulis teks karya ilmiah merupakan salah satu materi ajar yang terdapat di tingkat SMK/SMA. Untuk meningkatkan ketrampilan menulis teks karya ilmiah diperlukan kefokusan yang tinggi dan mampu untuk berpikir kritis serta ketekunan menulis secara berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk penerapan model PjBL dalam meningkatkan keterampilan menulis teks karya ilmiah berbantukan blogger pada peserta didik kelas XI kuliner 3 SMK N 6 Semarang, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Sebelum melaksanakan siklus, peneliti melakukan indakan prasiklus dengan hasil 5,9%. Setelah diberi perlakukan model pembelajaran project based learning namun penulisan masih belum terarah dan belum menggunakan bantuan blogger, 38,2%. Setelah diperlukan tindak lanjut ke siklus ke II dengan masih menggunakan model project based learning dan penulisan teks karya ilmiah berbantukan blogger dengan sebanyak 2 kali pertemuan berhasil mendapatkan 97,1%. Kesimpulan dari penitian ini adalah terjadi peningkatan ketrampilan menulis teks karya ilmiah berbantukan blogger dengan menerapkan model project based learning pada peserta didik kelas XI kuliner 3 SMK N 6 Semarang.
References
Ahmad, Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Shofi, Moh. Shofiuddin. 2020. Modul pembelajaran SMA bahasa Indonesia Kelas XI: Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Darmawan, D. (2021). Menulis itu Gampang, Mengasah Keterampilan Menulis di Masa Pandemi (Pertama). Eureka Media Aksara.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Gava Media
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Masykur, R. 2019. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: Aura Publisher.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE
Purnomo, Halim dan Ilyas, Y. 2019. Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek.
Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Suhartina. 2021. MENULIS KARYA ILMIAH: Bukan Hanya Sekadar Teori.
Pasuruan: Qiara Media
Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wendra, I Wayan. (2009). Penulisan Karya Ilmiah (Buku Ajar). Singaraja
Widyantini, T. (2014). Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Projek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. PPPPTK Matematika, 1-19.
Zulmieti, dkk. 2019. Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.