Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (Crt) Berbantu Media Liveworksheets Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks Di Kelas XI Perhotelan 2 SMK Negeri 6 Semarang

Authors

  • Septia Nurul Hapsari Universitas PGRI Semarang
  • Heni Purwati Universitas PGRI Semarang
  • Pramono SMK Negeri 6 Semarang

Keywords:

Learning Outcomes, Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching, Liveworksheets

Abstract

Studi awal menggambarkan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas XI Perhotelan 2 SMK Negeri 6 Semarang. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching berbantu media Liveworksheets pada pembelajaran Matematika materi Matriks. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penilitian yaitu peserta didik kelas XI Perhotelan 2 SMK Negeri 6 Semarang sebanyak 36 orang. Setiap siklus mencakup tahapan planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi) yang membentuk satu kesatuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar matematika pada siklus I serta II. Rata-rata hasil belajar matematika yang didapatkan oleh peserta didik pada tahap prasiklus sebesar 57,33 dengan presentase ketuntasan sebesar 41,67%, siklus I sebesar 68,44 dengan presentase ketuntasan sebesar 52,72%, dan siklus II sebesar 78,69 dengan ketuntasan belajar sebesar 83,33%. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching berbantu media Liveworksheets terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Disamping itu, penerapan ini juga mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.

References

Aimah, S., & Laeliyah, N. (2021). Pengaruh manajemen sumber daya manusia terhadap mutu pendidik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 3(1), 32-51.

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122-130.

Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheets Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Konsep Mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 306-

Carnegie Learning. (2023).Teaching Strategies for Culturally Inclusive Math. https://www.carnegielearning.com/ blog/culturally-responsive- math/#:~:text=What%20is%20cultu rally%20responsive%20teaching,and

%20assets%20to%20the%20classro om. Diakses pada 09 Mei 2024.

Craig, T. T., & Marshall, J. (2019). Effect of project‐based learning on high school students' state‐mandated, standardized math and science exam performance. Journal of Research in Science Teaching, 56(10), 1461-1488. Djunaedy, R. P. (2020). Penerapan pembelajaran online dengan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas XI MM 3 SMKN 5 Malang. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95-

Fitri, A. N., Arbailah, A., & Jannah, S. R. (2023). Implementasi Problem Based Learning Berbasis Cultur-ally Responsive Teaching (CRT) Dalam Pembelajaran Bi-ologi SMA. National Multidisciplinary Sciences, 2(5), 414-419.

Kemendikbud. (2023). Peringkat

Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6

Posisi Dibanding 2018.

https://www.kemdikbud.go.id/main

/blog/2023/12/peringkat-indonesia- pada-pisa-2022-naik-56-posisi- dibanding-2018. Diakses 09 Mei 2024.

Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). Problem-based learning as an effort to improve student learning outcomes. Int. J. Sci. Technol. Res, 8(9), 1140-1143.

MAOLANI, U. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Toleransi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN

Girimukti 3 Kabupaten Garut pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Murti (2022). Culturally Responsive Teaching to Support Meaningful Learning in Mathematics Primary School: A Content Analysis in Student’s Textbook. Jurnal Prima Edukasia. 11(2).

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9–16.

Rahmawati, Y., Ridwan, A., Rahman, A., & Kurniadewi, F. (2019). Chemistry students’ identity empowerment through etnochemistry in culturally responsive transformative teaching (CRTT). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1156, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.

Setyaningsih, D., Anafi'ah, S., Romlah, H., & Sunarsih, S. (2023, August). Improving Critical Thinking Skills and Tolerance through a Culturally Responsive Teaching Approach in Third Grade. In Proceedings of International Conference on Teacher Profession Education (Vol. 1, No. 1,

pp. 1106-1117).

Supriadi, D. (2018). Implementasi manajemen inovasi dan kreatifitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125–

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Nurul Hapsari, S., Purwati, H., & Pramono. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (Crt) Berbantu Media Liveworksheets Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks Di Kelas XI Perhotelan 2 SMK Negeri 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 190–198. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6006

Issue

Section

Matematika

Most read articles by the same author(s)