IMPLEMENTASI TEKNIK PERMAINAN TRUTH OR DARE DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X 3 SMA NEGERI 8 SEMARANG
Keywords:
Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Teknik Permainan Truth or DareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X 3 SMA Negeri 8 Semarang melalui implementasi teknik permainan truth or dare dalam layanan bimbingan kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 3 SMA Negeri 8 Semarang yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknik permainan truth or dare dalam layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X 3 SMA Negeri 8 Semarang. Pada siklus I, persentase siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi mencapai 60%. Pada siklus II, persentase siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi meningkat menjadi 86,67. Hasil uji ttest berpasangan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor motivasi belajar sebelum dan sesudah implementasi permainan truth or dare. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik permainan truth or dare efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X 3 SMA Negeri 8 Semarang.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Balta, N. (2022). The role of teacher feedback in students' motivation and achievement. Frontiers in
Psychology, 13,
https://doi.org/10.3389/fpsy g.2022.841965
Ea, S. S., & Yuvani, M. (2023). Pentingnya pelayanan bimbingan dan kosneling bagi peserta didik pada tingkat Sekolah Menengan Atas (SMA). Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 4(1), 7–15.
Hartanti, J. (2014). Bimbingan Kelompok. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents
Hernandez, L., & Gomez, J. (2020). The Social Dynamics of Truth or Dare: A Study of Youth Interaction. Journal of Youth Studies, 23(4), 473-488. doi:10.1080/13676261.2019.1621601.
Hosseinalizadeh, S., & Fathi, J. (2021). The relationship between self-efficacy, self-regulated learning, and foreign language achievement. Cogent Education, 8(1), 1872221.
https://doi.org/10.1080/2331186X.20 21.1872221
Kumara, A. R. (2017). Bimbingan Kelompok.
Masika, G. M., Tanui, E. K., & Nassiuma, B. K. (2023). Academic aspirations, self-regulation and motivation among secondary school students in Kenya. Heliyon,9(2),e13200. https://doi.org/
1016/j.heliyon.2023.e13200
Nurhayati, N., Adilah, N., & Nata Wirawan, I. M. A. (2022).Pengaruh Minat
Belajar dan Sikap Positif terhadap
Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi
Undiksha,14(1),85-94.
https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i1.3
Nurlaila, N., Nurhayati, N., & Mansyur, M. (2022). Pengaruh Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 67-78. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i 1.1451
Prayitno, & Amti, E. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka
Cipta.
Priatmoko, S., Binadja, A., & Putri, S. T. (2019). Pengaruh Media Permainan Truth and Dare Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Dengan Visi Sets. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 230–235.
Putri, D. P., & Kuswanto, C. W. (2021). Parental Support and Student Learning Motivation. Journal of Counseling and Educational Technology, 4(1), 1-9
https://doi.org/10.32696/set.v4i1.571
Qonitaturrohmah, A., & Hanauli, K. G. (2023). Pandangan Siswa Kelas X terhadap Penerapan Media
Permainan BK " Round Of Truth Or Dare " di SMK PGRI Turen. 1900– 1909.
Saputra, W. N. E., & Alhadi, S. (2021).
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 6(2), 76-83.
Smith, R., & Jones, A. (2018). Playing with Truth: The Psychological Impact of Truth or Dare on Adolescents. International Journal of Psychology, 53(2), 123-130. doi:10.1002/ijop.12456.
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA,cv.
Uno, H. B. (2022). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, R. D., Asrori, A., & Hariyadi, S. (2019). Improving Students' Learning
Motivation Through Group Guidance Services with the Technique of Truth or Dare Games. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(2), 271-276.
Yuliastanti, A., Suseno, M. N., & Fathema, N. (2022). The Effectiveness of Gamification Strategies to Improve Student Learning Motivation and Performance: A Systematic Review. Sustainability, 14(5), 2957.