PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA
Keywords:
Model Pembeljarean, Two stay two stray,, motivasi pembelajran, hasil pembelajaranAbstract
Keberhasilan peningkatan mutu pendidikan, tentunya tidak terlepas dari proses pendidikan yang terkait dengan kegiatan belajar mengajar di kelas.. Salah satu kemampuan yang diharapkan dikuasai oleh guru biologi adalah bagaimana mengajarkan konsep biologi dengan baik, dalam hal ini adalah memilih model pembelajaran yang relevan Kondisi pembelajaran di SMA Negeri 10 Semarang seperti yang digambarkan di atas, menyebabkan sebagian besar siswa kesulitan mempelajari dan menganggap materi membosankan. Akibatnya motivasi dan hasil belajar siswa menurun dan menyebabkan banyak siswa yang tidak tuntas pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X 1 SMA N 10 Semarangmelalui Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipilih yaitu mendeskripsikan Konsep Manajemen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 1 SMA N 10 Semarangyang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi motivasi belajar, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada keanekaragaman hayati kelas X 1 SMA N 10 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap indikator motivasi belajar dari siklus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata motivasi belajar sebesar 6,49% dari skor rata-rata motivasi belajar siklus I sebesar 77,56% menjadi sebesar 84,05% dari skor rata-rata motivasi belajar siklus II. Prestasi belajar juga meningkat dari siklus I dengan rata-rata sebesar 84,37 menjadi 90 pada siklus II, dan ketuntasan belajar juga meningkat dari siklus I sebesar 81,25% menjadi 100% pada siklus II.
References
Agus, Suprijono. 2018. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakrta: Pustaka Pelajar
Aminah, Siti. 2018. Efektivitas Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Journal Indragiri. Vol.1 (4). ISSN: 2549-0478.
Anwar Miftahul, Yuliani hadma dan Fatmawati sri. 2018. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Two stay two stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas. Jurnal pendidikan fisika. IAN Pangkaraya. Vol 3 No 2 ISSN:2477-7935.
Arlinda. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stay (tsts) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV B SDN 21 Sitorajo kecamatan kuantan tengah. Jurnal primary. Universitas raiu. Vol 6 No 2 ISSN: 2303-1514.
Fitriyani, Y., Irfan, F. & Mia, Z.S. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan. Vol 5 (2). ISSN: 2442-7667.
Gayatri, Erva Rosa Prima, Bahar Amrul, dan Handayani Dewi. 2017.Perbandingan penerapan model pembelajaran learning cycle (5E) dan Two Stay Two Stray. Jurnal pendidikan dan ilmu kimia. Universitas Bengkulu. Vol 1 No 1 ISSN: 2252-8075.
Hamdu, Ghullam & Lisa Agustina. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vo 12 (1). ISSN: 1412-565X.
Lestari, Witri. 2020. Efektifitas Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matemaika. Jurnal Formatif. Vol2. No 3. ISSN: 2088-351X.
Marleni, Lusi. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1 (1). ISSN: 2579-9258.
Mutiaramses, Neviyarni S. & Irda M. Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 6 (1). ISSN: 2477-2143.
Rahmawati, Tutut. 2018. Penerapan model pembelajaran CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah. Vol 2 (1). ISSN: 1858-4543.
Safitri, Dian & Suhaedir Bachtiar. 2021. Variabel dalam Penelitian Pendidikan. Jakarta: Pustaka Literasi Indonesia
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta
Suharni & Purwanti. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol 3. No 1. ISSN: 25280-6467
Suharsimi Arikunto, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2019. Hasil belajar atau achievement. Bandung : Remaja Rosdakarya
Susanto, A. 2019. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.