Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kelas X-12 SMA Negeri 2 Semarang
Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, TaRL, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Motivasi Belajar yang baik sangat dibutuhkan bagi peserta didik untuk menunjang hasil belajar, namun berdasarkan pengamatan secara langsung di SMAN 2 Semarang kelas X-12, ditemukan beberapa indikasi rendahnya motivasi belajar, yaitu terdapat beberapa peserta didik yang kurang terlibat dalam kelompok belajar karena motivasi belajar yang rendah dan kurangnya kemampuan konsentrasi. Hasil pra-siklus juga menunjukkan rendahnya motivasi dengan persentase 49,3%, hasil belajar aspek kognitif 44,4% atau hanya 16 dari total 36 peserta didik yang mendapat nilai lebih dari 75, aspek afektif dan psikomotorik dengan persentase berturut-turut 55,0% dan 45,0%. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu proses pembelajaran yang monoton. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan TaRL. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik melalui peningkatan motivasi. PTK dilakukan dalam dua siklus dan satu pra-siklus untuk melihat kondisi awal peserta didik. Tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) Angket motivasi; (2) Tes hasil belajar aspek kognitif; (3) Observasi hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik. Hasil PTK yang telah dilakukan yaitu terjadi peningkatan total persentase dari pra-siklus sampai siklus kedua, motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 80,4%. Hasil belajar aspek kognitif meningkat menjadi 91,7%, aspek afektif meningkat menjadi 85,0%, dan aspek psikomotorik meningkat menjadi 87,5%. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar dan seiring dengan peningkatan motivasi belajar peserta didik.
References
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Tarl dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.
Annisa, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.
Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. 5(4), 2339–2347.
Arifudin, O. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 3(1), 9–16.
Audah, N., Zuhri, M., & Jufri, A. W. (2023). Penggunaan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Sikap Gotong-Royong Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Kelas X2 SMAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2184–2188.
Bayumi, Chaniago, E., Fauzie, Elias, G., Hapizoh, & Zainudin (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: Deepublish
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172.
Emiliani, Sugiarti, & Temawati. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Pendekatan TaRL. Journal Of Teacher Professional, 2(Agustus), 217–227.
Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching At The Right Level Sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Di Era Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(1), 10.
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258.
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-M5, 3(1), 42–57.
Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alfabeta.
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran Dengan Pendekatan Tarl untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1), 59–73.
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1 (9), 89–100.
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. Repository UNP, 1–58.
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan Tarl (Teaching At The Right Level) Dalam Literasi Dasar Yang Inklusif Di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659.
Natzir, F., Auliah, A., & Bara, Y. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (Tarl) Melalui Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 937–945.
Nawati, A., Yulia, Y., Havifah, B., Khosiyono, C., Pendidikan, P., Universitas, D., & Tamansiswa, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180.
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media To Increase Learning Motivation In Elementary School. Anatolian Journal Of Education, 4(2), 53–60.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Sandika, T. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Invention: Journal Research And Education Studies, 5(5), 1–13.
Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (Tarl) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(1), 179–192.
Sirait, J., & Oktavianty, E. (2021). Pengembangan Dan Validasi Angket Motivasi Belajar Fisika (AMBF): Studi Pilot. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 305.
Suharyani, Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (Tarl) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 470–479.
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2).
Sylviana, A., Mudzanatun, Patonah, S., & Paryuni. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Kelas V SDN Gajahmungkur 04. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5913–5919.
Uno, H. B. (2011) Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126.
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1),
Wijayanti, F. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. In Diterbitkan Oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata (Issue Mi).
Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689.
Yandi, A., Nathania K. P. A., & Syaza Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24.