Pembelajaran The Power of Two Berbantuan Media Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Laila Akbar Ramadhany Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Motivasi Belajar, The Power Of Two,, quizizz

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang teridentifikasi di sebuah kelas pada salah satu SMA swasta di Kota Semarang melalui data dan hasil asesmen diagnostik yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran The Power Of Two berbantuan media quizizz. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-3 salah satu SMA swasta di Kota Semarang tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 36 siswa. Objek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data motivasi belajar dikumpulkan dengan observasi dan angket, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila persentase motivasi belajar siswa secara klasikal masuk dalam kategori baik ()  sedangkan untuk hasil belajar apabila ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus (sebelum tindakan), rata-rata motivasi belajar matematika siswa secara klasikal memperoleh persentase sebesar 59,8 %. Setelah diberi tindakan, meningkat menjadi 73,8 % di akhir siklus I, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 93,3 %. Dan untuk hasil belajar siswa pada pra siklus, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 41,7 %,  kemudian pada siklus I meningkat sebesar 66,7 % dan mencapai kriteria keberhasilan pada siklus II yaitu sebesar 83,3 %. Berdasarkan kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran The Power Of Two berbantuan media quizizz dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.    

References

Amornchewin, R. (2018). The Development of SQL language skill in data definition and data manipulation languages using exercises with quizizz for students’ learning engagement. Indonesian Journal of Informatics Education 2(2), 85-90.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Bintaro, Tri Yuliansyah. 2018. Penerapan Pembelajaran The Power of Two Untuk Meningkatkan Minat Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora, 02 (01),156.

Firmansah, Defi, dan Alya Septianti. 2022. Implementasi Strategi Pembelajaran The Power Of Two dalam Meningkatkan Nilai Belajar Fiqih Santri Gontor Putri 2 Mantingan Ngawi. Ma’alim: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (2). https://doi.org/10.21154/maalim.v3i2.5012

Ngalim, Purwanto. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Pustaka Rodaya

Nur'aini, Devi, (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Kelas V B SD Negeri Tambakrejo Kabupaten Purworejo. S1 thesis, PGSD.

Rifa’i, M. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model The Power Of Two Pada Siswa Kelas III SDN Pragaan Laok I Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24929/lensa.v4i1.237

Pamungkas, Singgih Bayu. 2016. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif dengan Tipe The Power of Two untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X IPS 3 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi. FKIP. Universitas Sebelas Maret.

Sediyati, dkk. (2018). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 2(2). https://doi.org/10.24853/holistika.2.2.114-121

Sukartini, N. N. (2022). Penerapan model Problem Based Learning berbantuan evaluasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 73-82. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566603

Sutarniyati, Putri. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Surokarsan II Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Uno, Hamzah B, Nina Lamatenggo dan Satria M.A Koni. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Insan Madani

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ramadhany, L. A. . (2023). Pembelajaran The Power of Two Berbantuan Media Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1362–1369. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5268

Issue

Section

Prosiding 2023