PENGGUNAAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Iva Desi Ruliani universitas pgri semarang
  • Harun Lukman Universitas PGRI Semarang
  • Heni Purwati Universitas PGRI Semarang
  • Windiarti SMK N 7 Semarang

Keywords:

TaRL, PBL, Keaktifan siswa, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) yang dipadukan dengan model Problem Based Learning (PBL). Pendekatan TaRL berfokus pada pengajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa, sementara PBL mendorong siswa untuk aktif memecahkan masalah yang relevan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, hasil ketuntasan belajar siswa mencapai 64%. Setelah dilakukan refleksi dan perbaikan pada siklus pertama, dilanjutkan dengan siklus kedua yang menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar siswa menjadi 78%. Terdapat selisih peningkatan sebesar 14% antara siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL yang dipadukan dengan model PBL secara efektif dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan ketuntasan belajar dari siklus pertama ke siklus kedua menggambarkan bahwa pendekatan dan model ini mampu mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. Dengan demikian, pendekatan TaRL dan model PBL dapat dijadikan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kelas

References

Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dalam Menyelesaikan Pendekatan TaRL Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18. Https://Doi.Org/10.33394/Mpm.V8i1.2568

Aqib, Z.dkk. (2016). Penilaian tindakan Kelas. Rama Widya

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. Https://Doi.Org/10.36835/Au.V3i1.475

Fahmi, Iswan Setiadi, Diah Elmawati, & Sunardi. (2019). Problem based learning Method For Training Critical Thinking Skills Of Students. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.3345924

Ismah, I., & Sundi, V. H. (2018). Penerapan Model Problem based learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Labschool Fip Umj. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 161. Https://Doi.Org/10.24853/Fbc.4.2.161-169

Karjiyati, V. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem based learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Pgsd: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 146–154. Https://Doi.Org/10.33369/Pgsd.13.2.146-154

Maidiyah, E. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Pendekatan TaRL Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. 01(2).

Muhammad, I., & Juandi, D. (2023). Model Problem based learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama: A Bibliometric Review. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(1), 74–88. Https://Doi.Org/10.34312/Euler.V11i1.20042

Nugraha, G., Sarkani, S., & Supianti, I. I. (2020). Penerapan Model Problem based learninguntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. Pasundan Journal Of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 10 No 1. Https://Doi.Org/10.23969/Pjme.V10i1.2439

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Improving Learning Activities And Learning Outcomes Using The Problem based learning Method. Journal Of Mechanical Engineering Education. VANOS Journal Of Mechanical Engineering Education, 5(1), 59–66.

Rahmayanti, M. (2021). Application Of The Problem based learning Teaching Model In Mathematics Subjects. Community Medicine And Education Journal, 2(1), 144–150. Https://Doi.Org/10.37275/Cmej.V2i1.113

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Umayah, Y. (2019). Penerapan Model Problem based learning Dalam Mengatasi Kecemasan

Matematika Siswa SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 74.

Https://Doi.Org/10.30656/Gauss.V2i2.1778

Yunita, N., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem based learning Terhadap Hasil Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. 03.

Ahmadi, Abu. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2016). The Impact of Teaching at the Right Level on Learning Outcomes: Evidence from the Indian States of Bihar and Uttar Pradesh. Journal of Educational Change, 17(3), 289-311.

Banerji, R. & Chavan, M. 2020. A twenty-year patnership of practice and research: The Nobel laureates and Pratham in India. Elseiver

Fauzani M, dan Salabi A. (2018). “Strategi dan Model Pembelajaran”. Yogyakarta : Aswaja

Pressindo, 2018.

Firmansyah, Dani.2015.”Pengaruh Strategi Pmbelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Pendidikan Unsika : Vol 3 No.1 hal 34-44.Universitas Singaperbangsa Karawang.

Fitri, nisfu lailatul.2017.”Pengaruh penyesuaian diri dan penyesuaian sosial terhadap prestasi akademik siswa”. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Vol 3 No. 8 UNY hal 454-464

Lakhsman, S. (2019). Improving reading and arithmetic outcomes at Pratham’s approach to teaching and learning Improving reading and arithmetic outcomes at scale: Teaching at the Right Level (TaRL), Pratham’s approach to teaching and learning. Revue Internationale d’éducation de Sèvres, 1(June), 1–6.

Lestari, Indah.2012.”Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Formatif : Vol 3 No 2 Halaman 115-125 Univ Indraprasta PGRI.

Lestari, Witri. 2017. “Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Analisa : Vol 3 No.1 Hal 76-84. Unindra PGRI Jakarta.

Maimunah, Siela. 2020. “Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri”. Psikoboborneo Vol 8. No.2 Halaman 275-282 Universitas Mulawarman Samarinda

Maslihah, Sri. 2011. “Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawabarat ”. Jurnal Psikologi Undip vol 10 No.2

Masrinah E, Aripin I, Gaffar A, (2019). “ Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan

Keterampilan Berpikir Kritis”. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019.

Muin, Abdul & Ulfah, RM. 2012. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Moodle”.Phytagoras : Vol 07 No.1 Hal 73-82 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Permana M, Jampel I, Pudjawan K, (2020). “ Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E- Modul Berbasis Problem Based Learning”. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.8 No. (2) pp. 17-32

Rahmi, Siti. 2015.”Pengaruh Pendekatan Perilaku Kognitif Terhadap Tingkat Penyesuaian Diri Siswa di Kelas VII SMP Negeri 29 Makasar”.

Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions.

Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9-20.

Shiddiq A, Mawardi, dan Alias M, (2020). “ Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IIS SMA Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun ajaran 2019/2020”.

Sudjana. 2016. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Suharyani., N. K. A. S., & Farida. H. A. (2023). Impementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan. 8 (2) 470- 479.

Susanti, Dkk. (2022). Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdikbuid.

Trianto, (2009). “Mendesain Model pembelajaran inovatif-progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2009.

Ulun. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uma, Hasminee.2017.”Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Internasional di UIN Malang”. Univ Islam negeri Malang.

Utama, Miranda dkk. 2020. “Pengaruh Kemampuan Verbal dan Penyesuaian Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa” Al asma: Jurnal of Islamic Education Vol 2 No 2 Hal 160-269

Warsono, Sri. 2016. Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan Vol. 2 No. 5 Hal 469-476.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Ruliani, I. D. ., Lukman, H., Purwati, H., & Windiarti. (2024). PENGGUNAAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 82–91. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6363

Issue

Section

Matematika

Most read articles by the same author(s)