Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas IIIA SDN Rejosari 01 Semarang
Keywords:
discovery learning, literasi, sainsAbstract
Berdasarkan hasil prasiklus dan observasi di kelas IIIA SDN Rejosari 01 rata-rata literasi siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa kelas IIIA dengan menerapkan discovery learning berbantuan audio visual. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan siswa sebanyak 28 anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan, serta terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes literasi sains untuk pengetahuan dan keterampilan mengajar guru, serta dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan literasi sains kelas IIIA SDN Rejosari 01 pada tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan antara siklus I 71,9% dan meningkat pada siklus II 81,6% dengan kategori tinggi. Keterampilan mengajar peneliti sebagai guru dalam pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning berbantuan media audio visual pada siklus I memperoleh skor rata-rata 80,5% (baik) dan meningkat menjadi 85,4% (sangat baik) pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas IIIA SDN Rejosari 01 dan juga dapat meningkatkan keterampilan peneliti sebagai guru dalam mengajar. Disarankan dalam penerapan model discovery learning guru hendaknya memberikan bimbingan yang intensif pada setiap langkah discovery learning untuk meningkatkan literasi sains siswa.
References
Agustiana, dan Tika. 2013. Konsep Dasar IPA. Yogyakarta: Ombak
Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Kariadinata dan Abdurrahman. 2012. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Kurniawati, dkk. 2020. Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Literasi Sains Ditinjaui dari Kecerdasan Naturalis. Proceding Biology Education Conference, 13 (1), 346-351.
PISA. 2023. Draft Science Framework (Online). (https:www.oecd.org/…/draft%202023%20sciece20framework%20.pdf)
Rizkita, dkk. 2021. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa SMA Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2021, kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusta Studi Lingkungan dan Kependudukan UMM, Malang, 26 Maret 2021.
Sugiyonno. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tampubolob.2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Toharudin, dkk. 2011. Membangun Literasi Sains Siswa.Bandung: Humaniora