Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Uno Stacko Kelas V SDN Peterongan Semarang

Authors

  • Novia Farikhatin Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang
  • Luthfi Winarni SDN Peterongan Semarang

Keywords:

Literasi Sains, Uno Stacko, Problem Based Learning

Abstract

Literasi sains siswa pada mata pelajaran IPAS masih rendah. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan belum menggunakan media pembelajaran. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui metode ilmiah sehingga siswa memperoleh pengetahuan dan ketrampilan. Penggunaan media uno stacko juga dapat memudahkan siswa untuk memahami materi kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan literasi sains melalui penerapan model Problem Based Learning berbantu media uno stacko pada siswa kelas V SD Negeri Peterongan Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VC SD Negeri Peterongan dengan jumlah siswa sebanyak 24. Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan pra siklus dan 2 siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan literasi sains dari Pra Siklus dengan kategori cukup, siklus I kategori baik, dan siklus II kategori sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media uno stacko dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas VC SD Negeri Peterongan, kinerja guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas siswa.

References

Amelia, M. S. V. E. E. H. A. M. (2022). Pengembangan Media Uno Stacko Chemistry Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Education and Development, 10(1), 51–59.

Herman, H., Nurfathurrahmah, N., Ferawati, F., Ariyansyah, A., & Suryani, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Literasi Sains Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3087–3093. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4068

Jacub, T. A., Marto, H., Darwis, A., & Negeri, S. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah Jurnal Penelitian, 2(2), 140–148.

Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 444. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Meidi, H., Kania, D., & Elan. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Civic Skills Peserta Didik (Penelitian Eksperimen di kelas X SMKN 1 Jayakerta Kabupaten Karawang). Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 400–405. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.493

Naldi, W., Suryadi, S., R, G. A., Herman, T., & Dwiana, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Rancangan Understanding by Design (UbD) terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5224–5231. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2374

Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876

Puspitasari, V. & A. W. (2023). Analisis penerapan project based learning (PJBL) pada pembelajaran ipas siswa kelas 4 dengan kurikulum merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 27(2), 58–66.

Sakwati Abidin, Purnamawati, & Abdul Muis Mappalotteng. (2023). Pengaruh Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 5 Sidrap. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 462–471. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.1036

Salma, I. M., Eurika, N., & Wulandari, F. (2023). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Kelas XI MIPA 6 dengan PBL Berbasis Culturally Responsive Teaching Di SMAN Balung. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 220–230. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1267

Sansastra, P., & Ratnawati, V. (2023). Media Permainan Uno Stacko Sebagai Sarana Melatih Kepercayaan Diri Siswa. Prosiding Seminar Nasional Dalam Jaringan Konseling Kearifan Nusantara Ke 3, 278–285.

Setyowati, B. E., Indriyani, S., Dewi, N. R., & Teaching, C. R. (2023). Peningkatan Keterampilan Literasi Sains Menerapkan Problem Based Learning Berbasis Culturally Responsive Teaching Pada Kelas Vii Di Smp Negeri 2. Proceesing Seminar Nasional IPA XIII, 2023: Proceeding Seminar Nasional IPA XIII, 218–230.

Vina Febriana, Hamid, R., Amiruddin B., & Hikmawati. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas V Sdn Satu Atap 9 Konawe Selatan. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 138–147. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.16

Xaverius Ria, F., Yosefa Awe, E., & Ngurah Laba Laksana, D. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Literasi Dengan Suplemen Buku Cerita Bergambar Studi Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 570–577. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Farikhatin, N., Listyarini, I. ., & Winarni, L. . (2025). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Uno Stacko Kelas V SDN Peterongan Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 243–249. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6272

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)