PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS KARYA ILMIAH MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI 7 SMA NEGERI 8 SEMARANG

Authors

  • Candro Herryka Putra Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Discovery Learning, Peningkatan, teks karya ilmiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI 7 SMA Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 pada materi menulis teks karya ilmiah melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Analisis data dilakukan melalui dua teknik yaitu kualitatif dan kuantitatif (menggunakan rumus statistik sederhana). Hasil analisis data pada penelitian ini disajikan secara formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar peserta didik yaitu 50% dengan nilai rata-rata 75. Persentase ketuntasan belajar tersebut mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 100% dan nilai rata-rata 86. Selain itu, hasil data nontes menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Discovery Learning dapat terlaksana dengan baik dan peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi menulis teks karya ilmiah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media gambar mengalami peningkatan yang signifikan.

Kata kunci: Discovery Learning, peningkatan, teks karya ilmiah

References

Aditrisna, D., Witono, H., & Nisa, K. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus 4 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 455–460. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.272.

Arikunto. Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto, Karim, S. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Dewanto, dkk. 2007. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Unnes Press.

Ertikanto, C. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Hamalik. Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Geelong: Deakin University Press.

N.K. Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rahmat, H.K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Lathifatuddini Rusdi L. (2021). Model pembelajaran discovery learning guna membentuk sikap peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar: sebuah kerangka konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109-117. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231.

Sadiman, Arief S. 2003. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wismanto, Agus. 2014. Penulisan Kreatif. Semarang: IKIP Press Semarang.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Putra, C. H. (2024). PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS KARYA ILMIAH MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI 7 SMA NEGERI 8 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 168–179. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5904

Issue

Section

Bahasa Indonesia