Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek dengan Pendekatan Bermain Peserta Didik Kelas XI 3 SMA Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025
Keywords:
kedisiplinan siswa, seragam sekolah, pendidikan jasmani, penelitian tindakan kelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui penerapan penggunaan seragam sekolah secara konsisten di kelas XI-3 SMAN 11 Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kepatuhan siswa terhadap aturan berpakaian sekolah akibat kebijakan sekolah yang tidak lagi menyediakan seragam olahraga. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa menunjukkan peningkatan kedisiplinan yang signifikan setelah tindakan dilakukan. Sebanyak 88,6% siswa berada dalam kategori tinggi kedisiplinannya, 8,6% dalam kategori sangat tinggi, dan hanya 2,8% dalam kategori cukup. Tidak ada siswa yang berada dalam kategori rendah maupun sangat rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan aturan penggunaan seragam secara tertib dan konsisten berpengaruh positif terhadap pembentukan sikap disiplin siswa dalam konteks pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar sekolah terus menegakkan kebijakan penggunaan seragam sebagai bagian dari pembinaan karakter peserta didik.
References
Abu, A. (2021). Hiasan Jilbab dengan Sulaman Tangan pada Ibu Rumah Tangga dan Remaja
Putri Putus Sekolah. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
Indonesia, P. M. K. (2018). Berita Negara. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia
Nomor 4 Tahun 2018, 151(2), 10–17.
Larsen, A. S., & Olson, D. H. (1989). Predicting Marital Satisfaction Using Prepare: a
Replication Study. Journal of Marital and Family Therapy, 15(3), 311–322. https://doi.org/10.1111/j.1752-0606.1989.tb00812.x
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2014
Tentang Pakaian Seragam Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pratama, F. S., Amin, A. Y., Nugroho, M. W. A., Faizuddin, M. R., & ... (2024). Peran
Pendidikan Jasmani dalam Membangun Kesehatan Mental dan Fisik Mahasiswa PJKR Universitas Negeri Semarang: Tinjauan dari Perspektif Prodi PJKR. Jurnal …, 3(2), 264–272. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/analis/article/view/936%0Ahttps://jurnalilmiah.org/journal/index.php/analis/article/download/936/690
Sekolah, D. I., & Andina, E. (2022). PENGATURAN SERAGAM KHAS MUSLIMAH.
Sugiarto. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes.
Semarang : Jurnal Mimbar Ilmu. Vol 24 No 2, Pp 232-238
Trisnawan, T. S. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Pakaian Seragam di Sekolah
Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.