UPAYA PENINGKATAN PEMANASAN BERBASIS PERMAINAN KECIL SEBAGAI PENGANTAR PEMBELAJARAN PJOK KELAS VIII-H SMPN 30 SEMARANG

Authors

  • Gilang Adi Bimantara bimantara Orang Tua
  • Buyung Kusumawardhana Universitas PGRI Semarang
  • Maria Yosephin Widarti Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Hartini Universitas PGRI Semarang

Keywords:

motivasi, permainan kecil, keburjas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pemanasan berbasis permainan kecil sebagai pengantar pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yang menarik dan efektif bagi siswa kelas VIII-H SMPN 30 Semarang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat dan partisipasi siswa saat mengikuti kegiatan pemanasan yang bersifat monoton dan tidak variatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas VIII-H. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan kecil dalam kegiatan pemanasan mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, serta kesiapan fisik siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Aktivitas siswa dalam pemanasan meningkat dari 15% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Model ini juga mendapat respon positif dari guru dan siswa karena lebih menyenangkan dan mendorong kerja sama antar siswa. Dengan demikian, model pemanasan berbasis permainan kecil layak digunakan sebagai alternatif pengantar pembelajaran PJOK di sekolah menengah pertama. Diharapkan model ini dapat dikembangkan lebih lanjut dan diadaptasi pada jenjang atau kondisi pembelajaran yang berbeda.

References

Amin, A., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2021). Pengembangan Model Pemanasan Berbasis Permainan Kecil sebagai Pengantar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Al Islam Krian Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 66–73.

Mintriarti, M. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJASORKES MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN LARI ESTAFET PADA SISWA KELAS VI SDN KALANGANYAR KABUPATEN SIDOARJO. Journal of Indonesian Education, 3(2).

Wardany, G. S. K. & Hartati, C. Y. (2021). Pengaruh Pemanasan melalui Permainan Tradisional terhadap Motivasi Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 395–400.

Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021).

Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review).

Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 143. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

bimantara, G. A. B., Buyung Kusumawardhana, Maria Yosephin Widarti Lestari, & Hartini. (2025). UPAYA PENINGKATAN PEMANASAN BERBASIS PERMAINAN KECIL SEBAGAI PENGANTAR PEMBELAJARAN PJOK KELAS VIII-H SMPN 30 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020215. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7185

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.