Peningkatan Hasil Belajar Model Problem Based Learning Berbantuan Media PETIRA Tema 2 Kelas VI SDN Sambirejo 02

Authors

  • Ainun Rosidah Universits PGRI Semarang

Keywords:

PBL, PETIRA, Hasil Belajar, Tema 2

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan hasil belajar peserta didik pada tema 2 muatan Bahasa Indonesia dan PPKn kelas VI SDN Sambirejo 02 dengan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media PETIRA. Model pembelajaran PBL merupakan model membuat peserta didik sebagai pusat pembelajaran dengan menyajikan permasalahan yang relevan dipecahkan menggunakan pengetahuan yang dimiliki peserta didik. Hasil belajar adalah ukuran atau tingkatan keberhasilan dalam mempelajari sesuatu. Media PETIRA merupakan media yang mendorong anak untuk meningkatkan pengetahuan dengan menggunakan unsur permainan yang disenangi anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar matematika antara pra siklus dan setelah siklus. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PBL berbantuan media PETIRA dapat meningkatkan hasil belajar tema 2. Jumlah 28 peserta didik kelas VI SDN Sambirejo 02 menjadi subjek penelitian. Ukuran ketuntasan kelas minimal yaitu 75. Sebelum tindakan yaitu pada pra siklus terdapat 5 anak atau 21% tuntas pada muatan Bahasa Indonesia dan 8 peserta didik atau 28% yang tuntas pada muatan PPKn. Pada siklus I meningkat menjadi 20 peserta didik atau 71% yang tuntas pada muatan Bahasa Indonesia dan 22 peserta didik atau 78% yang tuntas pada muatan PPKn. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 24 peserta didik atau 85% yang tuntas pada muatan Bahasa Indonesia dan 25 anak atau 89% yang tuntas pada muatan PPKn Penelitian ini berhasil karena mencapai indikator kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85% dari seluruh peserta didik.

References

Abdurrahman, N.H., 2015. Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Afandi, Rifki. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran. 1(1), 77-89.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Fauzia, Awalia. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi PGSD, 7(1). 40 – 47.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Usman, Moh. Uzer. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja

Rosdakary.

Veriansyah, Ivan. (2018). Hubungan Tingkat Intelegensi Dan Motivasi Belajar Geografi Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri Singkawang. Jurnal GeoEco, 4(1), 41-50.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ainun Rosidah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Model Problem Based Learning Berbantuan Media PETIRA Tema 2 Kelas VI SDN Sambirejo 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3318–3326. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5667

Issue

Section

Prosiding 2023