Bermain Engklek Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Authors

  • Agustina Zuliana Universitas PGRI Semarang
  • Wijayanti Arfilia Universitas PGRI Semarang
  • Isnuryantono Effendi SD Negeri Gayamsari 02 Semarang
  • Adi Gunawan Loli SD Negeri Gayamsari 02 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media Engklek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran problem based learning berbantuan media engklek dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran problem based learning merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang mengutamakan penyelesaian masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran engklek merupakan media pembelajaran permainan tradisional yang berbentuk kotak-kotak dan terdapat angka didalam kotak tersebut. Penelitian ini dilakukan di kelas IV A SDN Gayamsari 02 dengan subyek penelitian guru dan 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dari siklus I sebesar 58,30% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,30%. Hasil belajar ranah keterampilan muatan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dari siklus I sebesar 51,72% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,75%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media engklek dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aliwanto. 2017. Analisis Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang. Volume 3 Nomor 1, halaman 65. Diakses pada tanggal 11 September 2023 pukul 19.19.

Hamalik, O. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia, Bandung.

Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia, Bogor.

Hanafy, S.M. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan. Volume 17 Nomor 1, hal 66. Diakses pada tanggal 11 September 2023 pukul 20.05.

Handayani, D. 2016. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 1 Teras, Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hayati, R. 2021. Mengembangkan Sosial Emosional Anak Dengan Permainan Tradisional Engklek Di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (Jim Paud). Volume 6 Nomor 4, halaman 49-58. Diakses pada tanggal 11 September 2023 pukul 19.40.

Huda, M. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Jannah, C.M. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Volume 12 Nomor 1, hal 2097-2107. Diakses pada tanggal 14 September 2019 pukul 14.40.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Rajawali Pers, Jakarta.

Purnomo, dkk. 2016. Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 33 No.1, hal 14. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2019 pukul 10.49.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Ghalia Indonesia, Bogor.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. PT ASDi Mahasatya, Jakarta.

Soetopo, H. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran. Katalog Dalam Terbitan (KDT), Malang.

Solichin, M.M. 2006. Belajar dan Mengajar dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Tradis. Volume 1 Nomor 2, hal 138. Diakses pada tanggal 30 Juli 2019 pukul 9.32.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Zuliana, A. ., Arfilia, W. ., Effendi, I. ., & Loli, A. G. . (2023). Bermain Engklek Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2732–2737. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5431

Issue

Section

Prosiding 2023