Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv

Authors

  • Isti Zulfa Nida Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Siti Kusniati SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Media Kartu Domino, Hasil Belajar

Abstract

Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Proses pembelajaran bukan hanya sekedar mendengarkan, mengerjakan tugas, dan hanya berfokus pada buku saja. Pada proses pembelajaran guru perlu menciptakan proses pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar siswa yang berpengaruh pada peningkatan hasil belajar. Proses pembelajaran yang menarik dapat diciptakan dengan penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan media sebagai perangsang siswa dalam mengikuti pembelajaran. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang memberikan permasalahan yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan model Problem Based Learning akan lebih menarik ketika guru mengkolaborasikannya dengan media yang konkret dapat menjadi upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media kartu domino. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Tahap penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPAS materi wujud zat dan perubahannya pada siswa kelas IV. Pada siklus 1 hasil ketuntasan belajar peserta didik rata-rata sebesar 60,42% dan pada siklus 2 ketuntasan belajar peserta didik rata-rata sebesar 83,33% sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kartu domino.

References

Arikunto, S. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi revisi: Bumi Aksara.

Ayu, Ade. A. P., et.al. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 23 (1), 53-64.

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14 (2), 59-64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611

Djamarah, S. B dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahrezi, Iszur, Mohammad Taufiq, Akhwani, dan Nafi’ah. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3 (3):408. doi.10.23887/jippg.3i3.28081.

Farhana, Husna., dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/6098

Gulo, Abdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Educativo:Jurnal Pendidikan. Vol.1 (1), 334-341.

Melina, V. (2017). Pengembangan Donat Konservasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa IV SDN Purwoyo01. Universitas Negeri Semarang.

Panjaitan, Dedy. J. (2020). Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar pada Materi Logaritma. Jurnal MathEducation Nusantara. Vol. 3 (2), 17-25.

Putri, A.A.A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal for Lesson and Learning Studies,1 (1), 21-31.

Rahman, A.A., & Amalia, Y. (2019). Development of Domino Card as Math Learning Media to train students’ Conceptual understanding. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9 (2), 91-100. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i2.3089

Ramdhini, Rachmi. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas 6 SD. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2 (1),1-10. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.99

Roeth. A. O. N.,et.al. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5 (2), 1268-1278.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Zuhro, Aminatu., et.al. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Media Kartu Domino pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1 (3), 166-179.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nida, I. Z. ., Purnamasari, V. ., & Kusniati, S. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3182–3188. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5487

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)