UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TOLAK PELURU MELALUI MEDIA MODIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN PJOK

Authors

  • Sely Tyananta Aji Pratama Universitas PGRI Semarang
  • Maria Yosephin Widarti Lestari
  • Sugeng

Keywords:

tolak peluru, modifikasi alat, hasil belajar, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tolak peluru melalui penggunaan media pembelajaran yang dimodifikasi, yaitu dengan menggunakan bola softball sebagai pengganti peluru standar. Penelitian dilaksanakan di kelas X TE 4 SMK Negeri 4 Semarang dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes praktik keterampilan tolak peluru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra-siklus hingga siklus II. Pada tahap pra- siklus, hanya 33% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Persentase ini meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan mencapai 83% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan peluru modifikasi berdampak positif terhadap keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar tolak peluru. Selain itu, siswa menjadi lebih antusias, percaya diri, dan aktif selama proses pembelajaran karena alat bantu yang digunakan lebih ringan dan tersedia dalam jumlah cukup, sehingga memungkinkan latihan yang berulang. Dengan demikian, penggunaan media modifikasi dalam pembelajaran PJOK dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi hambatan teknis dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi tolak peluru.

References

Candra, A. T., & Setiawan, W. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Alat Bantu Modifikasi Bola Kasti. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3661567

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Marsianus, & Maksum, H. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Tolak Peluru Melalui Modifikasi Alat untuk Siswa Menegah Pertama. Journal Sport Academy, 2(2), 65–72.

Prasetyo, K. (2016). Penerapan pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3).

Rahman, F., & al Ghani, M. (2024). Analisis Hasil Belajar Tolak Peluru Menggunakan Modifikasi Bola Plastik. Semnasfip.

Saleh, M. S., & Syahruddin. (2017). Pengaruh Daya Ledak Lengan, Keseimbangan dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 7(2).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Aji Pratama, S. T., Yosephin Widarti Lestari, M., & Sugeng. (2025). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TOLAK PELURU MELALUI MEDIA MODIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN PJOK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020219. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7194

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.