Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Siswa melalui PBL-CRT Materi Statistika
Keywords:
Penilitian Tindakan Kelas, PBL-CRTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learing dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan keaktifan peserta didik selama pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan utama yaitu perencanaan, tindkaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan tekniki analisis data kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI E1 SMAN 11 Semarang. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dilihat dari persentase ketuntasan klasikal di pra siklus diperoleh 58%, siklus satu diperoleh persentase keetuntasan sebesar 76%, dan di siklus dua diperoleh persentase ketuntasan sebesar 88%. Persentase keaktifan peserta didik meningkat di pra siklus diperoleh 55%, siklus satu sebesar 69%, dan siklus dua 84%. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsivve Teaching dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta keaktifan peserta didik.
References
Asni Nuningsih, Nasir, M., & Olahairullah, O. (2022). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(3), 78–84. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol1.iss3.243
Buchori, A., & Harun, L. (2020). Desain E-Modul Flipbook Berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Materi Transformasi Geometri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1
Fitrianingsih, N., & Purwaningsih, C. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui PBL-CRT Berbantuan Google Sites. November 2023, 1389–1400.
Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986
Nasrulloh, M. F. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbatuan Media Paprolin Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan …, 05(02), 68–72. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/401
Nurwahyuni, K., & Hudaidah, H. (2021). Sejarah Sistem Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa. Berkala Ilmiah Pendidikan, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.51214/bip.v1i2.91
Prihatinia, S., & Zainil, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Pendidikan Tambusai, 4(2), 1511–1525.
Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4039–4050.
Saputri, Walid, Puji Handayani, (2024). Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan Culturally Responsive Mathematics Teaching Pada Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Kerjasama. 704–713.
Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa 2 Sma Negeri 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.18
Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (Pbl) Berbantuan Geogebra Di Smp. Prisma, 8(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438
Situmorang, D. F., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(2), 389–395. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i2.1792
Syabana, M., Htiyono, E., & Maharani, T. D. (n.d.). Pengaruh Pendekatan Culturally Resonsive Teaching Terhadap Keaktian dan Hasil Belajar IPA. Concept and Communication, null(23), 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744
Widya, R., Dwi, V., Yocabus, Dwi, R., & Agus Mukhmad. (2024). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Berbantuan Media Wordwall pada Materi Bangun Datar Kelas. 11(2), 25–33.