ANALISIS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI
Keywords:
Berpikir Kritis, Keaktifan, Problem-Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa
pada mata pelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Dilatar
belakangi oleh kondisi siswa yang sangat pasif ketika kegiatan pembelajaran berlangsung serta
keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan yang masih sebatas ingatan dan pemahaman saja.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa terdiri dari 12
siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan
dan berpikir kritis siswa. Peningkatan presentase keaktifan siswa pada siklus I menjadi 51,7%
kemudian meningkat pada siklus II menjadi 55,7% dan meningkat pada siklus III menjadi 59,5%
siswa aktif. Peningkatan kemampuan berpikir kritis juga terlihat melalui pemelajaran PBL dengan
nilai hasil pre test dan post test yang meningkat di setiap siklusnya. Siklus I rata-rata nilai pre test
36,4, kemudian meningkat pada siklus II 45,1, dan pada siklus III 59,6, pre test dari ketiga siklus
masih dibawah KKM. Rata-rata nilai pos tets pada siklus I 60,6, kemudian meningkat pada siklus II
75,4, dan pada siklus III 84,1, post test pada siklus I masih dibawah KKM, sedangkan pada siklus II
dan III sudah melampaui KKM.
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan
kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Huda, M., 2017, Model-Model Pengajaran
Dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar. Bandung:
PT. Ramaja Rosdakarya.
Yamin, M. (2011). Paradigma Baru
Pembelajaran. Jakarta: Gaung
Persada Pers.
Abanikannda, M.O. (2016). Influence of
Problem-Based Learning in
Chemistry on Academic Achievement
of High School Students in Osun
State, Nigeria. International Journal
of Education, Learning and
Development, 4(3): 55-63.
Aji, S. B., & Mediatati, N. (2021).
Penerapan Problem Based Larning
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif:
Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5),
–2780.
Aman, K. (2016). Penerapan Model
Problem Based Learning Dalam
Pembelajaran Sejarah Untuk
Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi
Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1
Butar Sulawesi Tengah. Istoria:
Jurnal Pendidikan Dan Sejarah,
(1), 28–46.
Ardiyanti, Y. (2016). Berpikir Kritis Siswa
Dalam Pembelajaran Berbasis
Masalah Berbantuan Kunci
Determinasi. Jurnal Pendidikan
Indonesia. 5(2), 193–202.
Fajrianthi, Wiwin H, Berlian G S. (2016).
Pengembangan Tes Berpikir Kritis
dengan Pendekatan Item Response
Theory. Jurnal Penelitian dan
Evaluasi Pendidikan. 20(1).
Herzon, H. H., Budijanto., Utomo, D. H.
(2018). Pengaruh Problem-Based
Learning (PBL) Terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal
Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan
Pengembangan, 3(1), 42–46.
Hotijah, S. (2020). Hubungan Keaktifan
Bertanya Dengan Hasil Belajar Pada
Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI
IPS SMA. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3),
–9.
Laelasari, I., Yusuf, H.A. (2018).
Mengeksplorasi Kemampuan
Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu
Siswa Melalui Kegiatan
Laboratorium Inquiry Sederhana.
Jurnal THAIBIEA. 1(1): 14-19.
Langitasari, Indah., Rogayah, Titi.,
Solfarina. (2021). Problem Based
Learning (PBL) Pada Topik Struktur
Atom: Keaktifan, Kreativitas, dan
Prestasi Belajar Siswa. Jurnal
Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2).
Mayasari, Annisa., Arifudin, Opan.,
Juliawati, Eri. (2022). Implementasi
Model Problem Based Learning
(PBL) Dalam Meningkatkan
Keaktifan Pembelajaran. Jurnal
Tahsinia, 3(2).
Minarti, I.B, dkk. (2023). Pengaruh Model
Pembelajaran PBL Dalam
Mengembangkan Berpikir Kritis,
Keaktifan, dan Hasil Belajar Siswa.
Jurnal Pendidikan Matematika dan
Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3).
Novitasari NF, Wardhani DTM. (2018).
Buzz Group in ESP Class to Improve
Students’ Speaking Skills. PIONEER
J Lang Lit, 10(2), 88–94.
Nurlaeli, Noornia A., Wiraningsih ED.
(2018). Pengaruh Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Matematis Siswa
Ditinjau Dari Adversity Quotient.
FIBONACCI Junrala Pendidink
Matematika dan Matematika, 4(2),
–54.
Nur S, Pujiastuti IP., Rahman SR. (2016).
Efektivitas Model Problem Based
Learning (PBL) terhadap Hasil
Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan
Biologi Universitas Sulawesi Barat.
SAINTIFIK, 2(2), 133–41.
Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh
Pembelajaran Berbasis Proyek
Berbantuan Google Earth terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis the
Effect of Project-Based Learning
Assisted Google Earth to Spatial
Thinking Skills. Jurnal Teknodik,
(1).
Ramadhan, Iwan. (2021). Penggunaan
Metode Problem Based Learning
Dalam Meningkatkan Keaktifan
Belajar Siswa Pada Kelas XI IPS 1.
Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3).
Sari, W. P., Ma’rifah, D. R. (2020).
Pengembangan LKPD Mobile
Learning Berbasis Android Dengan
PBL Untuk Meningkatkan Critical
Thinking Materi Lingkungan. Jurnal
Pendidikan Biologi, 11(2), 49.
Setyawati, Suci., Kristin, Firosalia.,
Anugraheni, Indri. (2019).
Penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL)
Untuk Meningkatkan Keaktifan dan
Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD.
Jurnal Ilmiah Pengembangan
Pendidikan, 6(2).
Utomo, D.H. (2022). Pengaruh model
Problem Based Learning (PBL)
berbantuan LKPD terhadap
kemampuan berpikir kritis mata
pelajaran Geografi siswa kelas XI IPS
MA Bilingual Batu. Jurnal Integrasi
dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu
Sosial, 2(2).
Zahranie, Mutia., Andayani, Yayuk., Loka,
I.N. (2019). Hubungan Keaktifan
Bertanya Dengan Kecenderungan
Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Di
SMA/MA Se-Kecamatan Narmada
Tahun Ajaran 2019/2020. Chemistry
Education Practice, 3(1).