ANALISIS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Widya Ayu Paramitha

Keywords:

Berpikir Kritis, Keaktifan, Problem-Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa
pada mata pelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Dilatar
belakangi oleh kondisi siswa yang sangat pasif ketika kegiatan pembelajaran berlangsung serta
keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan yang masih sebatas ingatan dan pemahaman saja.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa terdiri dari 12
siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan
dan berpikir kritis siswa. Peningkatan presentase keaktifan siswa pada siklus I menjadi 51,7%
kemudian meningkat pada siklus II menjadi 55,7% dan meningkat pada siklus III menjadi 59,5%
siswa aktif. Peningkatan kemampuan berpikir kritis juga terlihat melalui pemelajaran PBL dengan
nilai hasil pre test dan post test yang meningkat di setiap siklusnya. Siklus I rata-rata nilai pre test
36,4, kemudian meningkat pada siklus II 45,1, dan pada siklus III 59,6, pre test dari ketiga siklus
masih dibawah KKM. Rata-rata nilai pos tets pada siklus I 60,6, kemudian meningkat pada siklus II
75,4, dan pada siklus III 84,1, post test pada siklus I masih dibawah KKM, sedangkan pada siklus II
dan III sudah melampaui KKM.

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan

kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Huda, M., 2017, Model-Model Pengajaran

Dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Belajar.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar. Bandung:

PT. Ramaja Rosdakarya.

Yamin, M. (2011). Paradigma Baru

Pembelajaran. Jakarta: Gaung

Persada Pers.

Abanikannda, M.O. (2016). Influence of

Problem-Based Learning in

Chemistry on Academic Achievement

of High School Students in Osun

State, Nigeria. International Journal

of Education, Learning and

Development, 4(3): 55-63.

Aji, S. B., & Mediatati, N. (2021).

Penerapan Problem Based Larning

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif:

Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5),

–2780.

Aman, K. (2016). Penerapan Model

Problem Based Learning Dalam

Pembelajaran Sejarah Untuk

Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi

Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1

Butar Sulawesi Tengah. Istoria:

Jurnal Pendidikan Dan Sejarah,

(1), 28–46.

Ardiyanti, Y. (2016). Berpikir Kritis Siswa

Dalam Pembelajaran Berbasis

Masalah Berbantuan Kunci

Determinasi. Jurnal Pendidikan

Indonesia. 5(2), 193–202.

Fajrianthi, Wiwin H, Berlian G S. (2016).

Pengembangan Tes Berpikir Kritis

dengan Pendekatan Item Response

Theory. Jurnal Penelitian dan

Evaluasi Pendidikan. 20(1).

Herzon, H. H., Budijanto., Utomo, D. H.

(2018). Pengaruh Problem-Based

Learning (PBL) Terhadap

Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal

Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan

Pengembangan, 3(1), 42–46.

Hotijah, S. (2020). Hubungan Keaktifan

Bertanya Dengan Hasil Belajar Pada

Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI

IPS SMA. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3),

–9.

Laelasari, I., Yusuf, H.A. (2018).

Mengeksplorasi Kemampuan

Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu

Siswa Melalui Kegiatan

Laboratorium Inquiry Sederhana.

Jurnal THAIBIEA. 1(1): 14-19.

Langitasari, Indah., Rogayah, Titi.,

Solfarina. (2021). Problem Based

Learning (PBL) Pada Topik Struktur

Atom: Keaktifan, Kreativitas, dan

Prestasi Belajar Siswa. Jurnal

Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2).

Mayasari, Annisa., Arifudin, Opan.,

Juliawati, Eri. (2022). Implementasi

Model Problem Based Learning

(PBL) Dalam Meningkatkan

Keaktifan Pembelajaran. Jurnal

Tahsinia, 3(2).

Minarti, I.B, dkk. (2023). Pengaruh Model

Pembelajaran PBL Dalam

Mengembangkan Berpikir Kritis,

Keaktifan, dan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal Pendidikan Matematika dan

Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3).

Novitasari NF, Wardhani DTM. (2018).

Buzz Group in ESP Class to Improve

Students’ Speaking Skills. PIONEER

J Lang Lit, 10(2), 88–94.

Nurlaeli, Noornia A., Wiraningsih ED.

(2018). Pengaruh Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Terhadap Kemampuan

Berpikir Kritis Matematis Siswa

Ditinjau Dari Adversity Quotient.

FIBONACCI Junrala Pendidink

Matematika dan Matematika, 4(2),

–54.

Nur S, Pujiastuti IP., Rahman SR. (2016).

Efektivitas Model Problem Based

Learning (PBL) terhadap Hasil

Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan

Biologi Universitas Sulawesi Barat.

SAINTIFIK, 2(2), 133–41.

Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh

Pembelajaran Berbasis Proyek

Berbantuan Google Earth terhadap

Keterampilan Berpikir Kritis the

Effect of Project-Based Learning

Assisted Google Earth to Spatial

Thinking Skills. Jurnal Teknodik,

(1).

Ramadhan, Iwan. (2021). Penggunaan

Metode Problem Based Learning

Dalam Meningkatkan Keaktifan

Belajar Siswa Pada Kelas XI IPS 1.

Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3).

Sari, W. P., Ma’rifah, D. R. (2020).

Pengembangan LKPD Mobile

Learning Berbasis Android Dengan

PBL Untuk Meningkatkan Critical

Thinking Materi Lingkungan. Jurnal

Pendidikan Biologi, 11(2), 49.

Setyawati, Suci., Kristin, Firosalia.,

Anugraheni, Indri. (2019).

Penerapan Model Pembelajaran

Problem Based Learning (PBL)

Untuk Meningkatkan Keaktifan dan

Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD.

Jurnal Ilmiah Pengembangan

Pendidikan, 6(2).

Utomo, D.H. (2022). Pengaruh model

Problem Based Learning (PBL)

berbantuan LKPD terhadap

kemampuan berpikir kritis mata

pelajaran Geografi siswa kelas XI IPS

MA Bilingual Batu. Jurnal Integrasi

dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu

Sosial, 2(2).

Zahranie, Mutia., Andayani, Yayuk., Loka,

I.N. (2019). Hubungan Keaktifan

Bertanya Dengan Kecenderungan

Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Di

SMA/MA Se-Kecamatan Narmada

Tahun Ajaran 2019/2020. Chemistry

Education Practice, 3(1).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Paramitha, W. A. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3968–3976. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5733

Issue

Section

Prosiding 2023