Analisis Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Praktikum Biologi SMA

Authors

  • Nurul Janah

Keywords:

PJBL, KPS, Praktikum Biologi

Abstract

Keterampilan yang perlu dimiliki siswa pada abad ke-21 ini salah satunya adalah keterampilan proses sains. Ada 8 indikator keterampilan proses sains yaitu merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, melakukan percobaan, melakukan pengamatan, menafsirkan data, memprediksi, menerapkan konsep, dan mengkomunikasikan. Keterampilan ini  sangat erat kaitannya  dengan pembelajaran biologi yang merupakan bagian dari sains terutama pada kegiatan praktikum yang berbasis proyek. Pembelajaran berbasis proyek juga sangat dianjurkan untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran abad ke-21 ini karena melatih siswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Berdasarkan hasil observasi pada kegiatan praktikum biologi sebelumnya, siswa kurang memiliki keterampilan proses sains, yang dapat diamati melalui siswa tidak memahami cara kerja, siswa tidak memahami tujuan praktikum, bahkan siswa tidak memahami klausul penyusunan laporan praktikum. Penelitian ini dilaksanakan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model berbasis proyek terhadap kemampuan keterampilan proses sains pada praktikum biologi sekolah menengah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif, melibatkan dosen lapangan sebagai konsultan, guru pamong pembimbing dan pemberi informasi dan  Rekan sejawat yang terdiri dari 2 orang sebagai observer. Penelitian ini dilakukan pada materi metabolisme kelas 12 praktikum enzim katalase dan praktikum fotosintesis ingenhousz. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan melalui peningkatan rata-rata siklus I 55,125% dengan siklus II 80,375%.  Jika berdasarkan 8 indikator, yang paling signifikan meningkat pada aspek mengamati dan yang terendah aspek merumuskan hipotesis dan mendesain proyek.

References

Agustina, Putri., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., Probowati, A. (2021). Analysis Science Process Skills And Scientific Attitudes Of Xi Grade Students Of Senior High School In Biological Practice. Edusains, 13(1), 1–7.

Aisah, S. (2012). Penerapan Pembelajaran Praktikum Biologi Berbasis Proyek untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa MAN 2 Kota Cirebon [IAIN Syekh Nurjati, Cirebon]. https://repository.syekhnurjati.ac.id/429/

Dini, Fabian., Dwi, Y. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Donna M. Wolfinger. (1994). Science and Mathematics In Early Childhood Education. Harper Collins College Publisher.

Endah Febri Setiya Rini, D. D., & Kurniawan, D. A. (2022). Identifikasi Kegiatan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di SMPN Se-Kecamatan Bajubang. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Falahudin, I., Fauzi, M., dan Purnamasari, W. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Praktikum Biologi Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Muhammadiyah 6 Palembang. Jurnal Bioilmi, 2(2), 74–80. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v2i2.1131

Ismirianti, UD., Dewi, NR., Taufiq, M. (2016). Pengaruh Petunjuk Praktikum guide Discovery terhadap Keterampilan Melakukan Percobaan dan Mengkomunikasikan Asikan Hasil pada Tema Tekanan. Jurnal Ipa Terpadu, 6(2), 1261–1271.

Istiqomah, N., Hujjatusnaini, N., Septiana, N., Amin, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi Praktikum Studi Antagonisme Escherichia coli dan Candida albicans Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 892–904. https://dx.doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26264

Janah., N. W. (2023). The Ability of Biology Education Students in Arrange 2019 Revised Lesson Plan. Journal Biology Education, 12(2), 248–256. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Lepiyanto, A. (2014). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 156–161. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/viewFile/795/619

Maleh, U. (2020). Modification Of The Ingenhousz Trial Tool Toimprove The Effectiveness And Efficiency Of Photosynthesis Learning In Class Viii-3 Students Smpnegeri4 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.37304/balanga

Maradona. (2013). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Samarinda pada Pokok Bahasan Hidrolisis Melalui Metode Eksperiman. Prosiding Seminar Nasional Kimia.

Muis., Gassing A., A. A. (2016). Investigasi Persiapan dan Pelaksanaan Perkuliahan Biologi Dasar. Journal of Educational Studies, 19(1), 2621–6736. https://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/2679/1417

Nugraha, A. J. & S. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Nurani, N., Waluyo, E. (2021). Pengembangan Desain Instruksional Model Project Based Learning Terintegrasi Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Ipa Dan Pembelajaran Ipa, 5(1), 101–111. https://jurnal.usk.ac.id/JIPI/article/view/20145/13657

Oktavia, A. (2020). Model- Model Pembelajaran. Deepublish.

Rahmaniar., Haris, Abd., M. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sma Tipe Kepribadian Thinkingdalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 2302–8939.

Ramalisa, Y. (2013). Proses Berpikir Kritis Siswa Sma Tipe Kepribadian Thinkingdalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1407

Riduan. (2008). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, karyawan dan Penelitia Pemula. Alfabeta.

Rustaman, N. Y. (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. In Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi.

Sanjaya, E., Asyhar, R., dan H. (2015). The Evaluation Instrument Development of Catalase Enzyme Experiment Test in Senior High School of Titian Teras Muaro Jamb. Journal Edu-Sains, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v4i2.2529

Sirajudiin. (2018). Penerapan model REACT untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi arus listrik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 4(1), 17–22.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57.

The George Lucas Educational Foundation. (2005). Instructional Module Project Based Learning. http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php

Wulandari, V. (2014). Penerapan pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Malang. http://repository.um.ac.id/id/eprint/24988

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Janah, N. (2023). Analisis Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Praktikum Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3991–4000. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5735

Issue

Section

Prosiding 2023