Upaya Peningkatan Kemampuan Passing Sepak Bola Menggunakan Pendekatan TaRL Pada Siswa Kelas X Titl 1 Smk negeri 3 Semarang
Keywords:
TaRL, Passing, Sepak bola, PJOK, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing sepak bola siswa kelas X TITL 1 di SMKN 3 Semarang melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Pendekatan TaRL mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuannya, sehingga proses pembelajaran lebih terarah dan sesuai kebutuhan masing-masing individu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes keterampilan, kemudian dianalisis secara kuantitatif untuk melihat rata-rata nilai, tingkat ketuntasan, dan peningkatan hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan passing sepak bola siswa. Pada pra-siklus, hanya 8,5% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 51,4%, dan pada siklus II mencapai 85,71%. Pendekatan TaRL terbukti mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif, serta memperbaiki teknik dasar passing secara bertahap dan sistematis. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan TaRL efektif tidak hanya dalam pembelajaran akademik, tetapi juga dalam konteks pendidikan jasmani yang berbasis keterampilan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan model pembelajaran PJOK di sekolah kejuruan dengan keragaman kemampuan siswa.
References
Asih. (2023). Motion : Jurnal Riset Physical Education Upaya Peningkatan Pembelajaran Bela Diri Pencak Silat Melalui Pendekatan TARL ( Teaching at The Right Level ) pada Kelas XI-2 SMA Negeri 10 Semarang. X, 106–116.
Destiany, A. P., Supriatna, M., & ... (2023). Permainan Péclé Sebagai Sumber Pembentukan Nilai Perjuangan Anak di Kelurahan Sindangkasih Kabupaten Purwakarta. Jurnal Pendidikan …. https://journal.penerbitjurnal.com/index.php/educational/article/view/40%0Ahttps://journal.penerbitjurnal.com/index.php/educational/article/download/40/32
Farawita, R. (2024). Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Menuju Indonesia Emas 2045 Abstrak Pendahuluan Pembahasan Metode Penelitian. 9(3), 230–236.
Indartiningsih, D., Mariana, N., & Subrata, H. (2023). Perspektıf Glokal Dalam Implementası Teachıng At The Rıght Level(Tarl) Pada Pembelajaran Berdıfrensıası Pada Kurıkulum Merdeka. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1984–1994. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7547
Pendidikan Sejarah, J. (2020). Rizky Rahadian. Journal Pendidikan Sejarah, 8(1).
Pieter Pelamonia, S., & Putra Hutapea, A. (2020). Pengaruh Latihan Passing 5, 10, 15 Meter Terhadap Ketepatan Passing Sepakbola. Jurnal Porkes, 3(2), 103–109. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i2.2962
Pin Harjanti, A. P. (2021). Available on-line at: Mengoptimalkan Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, 48(2), 39–62.
Purba, F. N. ., Indrayana, B., & Suhartini, S. (2023). Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Nasional Sariputra Kota Jambi. Jurnal Score, 3(1), 8–20.
Putra, B. A. (2022). Indonesion Journal of Sport Science and Coaching. 04(01), 48–59.
Saputra, A., Nugraha, A., & A, P. (2022). Kemampuan Ketepatan Longpass Siswa Sekolah Sepakbola Kota Jambi. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(1), 60–69. https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.19139
Syah, D. F., Suryaningsih, L., & Ridwan, M. (2024). OPTIMALISASI HASIL BELAJAR GERAK DASAR SHOOTING SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN TARL. 2, 1–7.
Syahputra, I. (2016). Pemuja Sepak Bola. PT Gramedia.
Udam, M. (2017). Pengaruh latihan shuttle-run dan zig-zag terhadap kemampuan dribbling bola pada siswa sekolah sepakbola (SSB) Immanuel usia 13-15 di Kabupaten Jayapura. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 58–71.