Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Quizizz

Authors

  • Destiana Putri Cahyani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Problem Based Learning, Media Pembelajaran Quizizz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui
model Problem Based Learning berbantuan Quizizz. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti
adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat tahapan yang mengadaptasi model
Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian
ini adalah peserta didik kelas X PPLG 1 SMK Negeri 2 Semarang sebanyak 36 peserta didik. Instrumen
yang digunakan dalam mengumpulkan data terdiri lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik
serta tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based
Learning berbantuan Quizizz dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hal
ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada pra siklus diperoleh persentase rata-rata hasil
belajar peserta didik 67,92% kemudian pada siklus 1 hasil belajar peserta didik meningkat sebesar
10,21% dengan persentase sebesar 78,13% dan pada siklus 2 persentase rata-rata hasil belajar peserta
didik mengalami peningkatan sebesar 11,63% dengan persentase rata-rata 89,76%. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan Quizizz dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

References

Latif, N. S. (2022). Upaya Meningkatkan

Motivasi Belajar Matematika Peserta

Didik Melalui Pembelajaran E-

Learning Berbantuan Quizizz. Baruga:

Jurnal Ilmiah, 11(2), 67-78.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015).

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis Siswa Pada Pembelajaran

Matematika Dengan Menggunakan

Model Pembelajaran Generatif

(Generative Learning) di SMP. EDU-

MAT: Jurnal Pendidikan Matematika,

(2).

Mustamilah. (2015). Peningkatan

Keterampilan Proses dan Hasil Belajar

Menggunakan Model Problem Based

Learning Pada Sub Tema Merawat

Tubuhku Siswa Kelas 1 SD Negeri

Gosono-Wonosegoro. Boyolali:

Scholaria, 5 (2), 70-79.

National Council of Teachers of

Mathematics. (2000). Principles and

Standards for School Mathematics.

NCTM: Reston VA.

Ngalimun. 2018. Strategi dan Model

Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Yogyakarta.

Nastiti, H. A., & Kaltsum, H. U. (2022).

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Siswa SD Melalui Model

Problem Based Learning Berbantu

Quizizz. AKSIOMA: Jurnal Program

Studi Pendidikan Matematika, 11(4),

-2625.

Nurliastuti, E., Dewi, N. R., & Priyatno, S.

(2018, February). Penerapan Model

PBL Bernuansa Etnomatematika

untuk Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis dan

Motivasi Belajar Siswa. In PRISMA,

Prosiding Seminar Nasional

Matematika (Vol. 1, pp. 99-104).

Panggabean, C. P., & Sinambela, P. N.

(2023). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning dengan Berbantuan Media

Quizizz untuk Meningkatkan

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Siswa SMP Swasta RA

Kartini Tebing Tinggi. Journal on

Education, 5(4), 13899-13906.

Polya, G. 1973. How to Solve It. A New

Aspect of Mathematical Method.

Princeton and Oxford: Princeton

University Press.

Simamora, Y., Saragih, R. M. B., &

Susilawati, S. (2022). Analisis

Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal

Tes Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis Kelas X SMK Swasta

Muhammad Yaasiin Sei Lepan.

OMEGA: Jurnal Keilmuan

Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.

Siswadi, S. (2019). Peningkatan

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematik Siswa SMA melalui

Pembelajaran Matematika dengan

Strategi Kooperatif Tipe STAD.

Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu

Pendidikan Dan Sains, 7(02), 227–

https://doi.org/https://doi.org/10.24

/logaritma.v7i02.2118

Taufik, M. (2014). Pengaruh Pendekatan

Open Ended Terhadap Motivasi

Belajar dan Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis Siswa SMAN 5

Mataram. Jurnal AgriSains, 5(1).

Yulistiana, Y., & Setyawan, A. (2020).

Analisis Pemecahan Masalah

Pembelajaran IPA menggunakan

Model Problem Based Learning SDN

Banyuajuh 9. Prosiding Nasional

Pendidikan: LPPM IKIP PGRI

Bojonegoro, 1(1).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Cahyani, D. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1298–1307. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5262

Issue

Section

Prosiding 2023