Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Quizizz
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Problem Based Learning, Media Pembelajaran QuizizzAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui
model Problem Based Learning berbantuan Quizizz. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti
adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat tahapan yang mengadaptasi model
Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian
ini adalah peserta didik kelas X PPLG 1 SMK Negeri 2 Semarang sebanyak 36 peserta didik. Instrumen
yang digunakan dalam mengumpulkan data terdiri lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik
serta tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based
Learning berbantuan Quizizz dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hal
ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada pra siklus diperoleh persentase rata-rata hasil
belajar peserta didik 67,92% kemudian pada siklus 1 hasil belajar peserta didik meningkat sebesar
10,21% dengan persentase sebesar 78,13% dan pada siklus 2 persentase rata-rata hasil belajar peserta
didik mengalami peningkatan sebesar 11,63% dengan persentase rata-rata 89,76%. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan Quizizz dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
References
Latif, N. S. (2022). Upaya Meningkatkan
Motivasi Belajar Matematika Peserta
Didik Melalui Pembelajaran E-
Learning Berbantuan Quizizz. Baruga:
Jurnal Ilmiah, 11(2), 67-78.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015).
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa Pada Pembelajaran
Matematika Dengan Menggunakan
Model Pembelajaran Generatif
(Generative Learning) di SMP. EDU-
MAT: Jurnal Pendidikan Matematika,
(2).
Mustamilah. (2015). Peningkatan
Keterampilan Proses dan Hasil Belajar
Menggunakan Model Problem Based
Learning Pada Sub Tema Merawat
Tubuhku Siswa Kelas 1 SD Negeri
Gosono-Wonosegoro. Boyolali:
Scholaria, 5 (2), 70-79.
National Council of Teachers of
Mathematics. (2000). Principles and
Standards for School Mathematics.
NCTM: Reston VA.
Ngalimun. 2018. Strategi dan Model
Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Yogyakarta.
Nastiti, H. A., & Kaltsum, H. U. (2022).
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa SD Melalui Model
Problem Based Learning Berbantu
Quizizz. AKSIOMA: Jurnal Program
Studi Pendidikan Matematika, 11(4),
-2625.
Nurliastuti, E., Dewi, N. R., & Priyatno, S.
(2018, February). Penerapan Model
PBL Bernuansa Etnomatematika
untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis dan
Motivasi Belajar Siswa. In PRISMA,
Prosiding Seminar Nasional
Matematika (Vol. 1, pp. 99-104).
Panggabean, C. P., & Sinambela, P. N.
(2023). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning dengan Berbantuan Media
Quizizz untuk Meningkatkan
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa SMP Swasta RA
Kartini Tebing Tinggi. Journal on
Education, 5(4), 13899-13906.
Polya, G. 1973. How to Solve It. A New
Aspect of Mathematical Method.
Princeton and Oxford: Princeton
University Press.
Simamora, Y., Saragih, R. M. B., &
Susilawati, S. (2022). Analisis
Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal
Tes Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Kelas X SMK Swasta
Muhammad Yaasiin Sei Lepan.
OMEGA: Jurnal Keilmuan
Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.
Siswadi, S. (2019). Peningkatan
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematik Siswa SMA melalui
Pembelajaran Matematika dengan
Strategi Kooperatif Tipe STAD.
Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu
Pendidikan Dan Sains, 7(02), 227–
https://doi.org/https://doi.org/10.24
/logaritma.v7i02.2118
Taufik, M. (2014). Pengaruh Pendekatan
Open Ended Terhadap Motivasi
Belajar dan Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa SMAN 5
Mataram. Jurnal AgriSains, 5(1).
Yulistiana, Y., & Setyawan, A. (2020).
Analisis Pemecahan Masalah
Pembelajaran IPA menggunakan
Model Problem Based Learning SDN
Banyuajuh 9. Prosiding Nasional
Pendidikan: LPPM IKIP PGRI
Bojonegoro, 1(1).