Using Video Content And Flipgrid As Media To Enhance Students' Speaking Skills In English Learning: Asking And Giving Information in Class X TKL 2
Keywords:
Konten Video, Media Flipgrid, Keterampilan BerbicaraAbstract
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X di SMK Negeri 4 Semarang melalui penggunaan konten video dan flipgrid. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan memakan waktu dua bulan hingga akhir siklus kedua. Dengan mengimplementasikan konten video dan flipgrid dalam proses belajar mengajar, permasalahan siswa mengenai keterampilan berbicara mereka berhasil diselesaikan. Secara rinci perilaku siswa selama proses pembelajaran dianalisis dan diamati oleh peneliti. Peningkatan keterampilan berbicara siswa terlihat pada setiap aspek berbicara itu sendiri (pengucapan, kelancaran, dan kejelasan). Presentasi nilai siswa yang dicapai pada pre-test sebesar 13,9%. Kemudian pada siklus 1 nilai yang dicapai meningkat dari 13,9% menjadi 72,2%. Terakhir, pencapaian nilai keterampilan berbicara semakin meningkat pada siklus 2 menjadi 77,8%.
References
Aqib, Zaenal, dkk, Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, Bandung: CV. Yrama Widya, 2008.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Pustaka.
Asep Supriyana, dkk. Materi Pokok Berbicara, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2007), hlm.1.2
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Edisi ke-2 Revisi. Yogyakarta: Gava Media ________. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: CV Yrama Widya
Dimyati & Mudjiono, Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Dori Wuwur Hendrikus, Retorika: Terampil Berpidato, Berdiskusi. Berargumentasi, Bernegosiasi, (Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1991), hlm. 18-19
Efendi, Anwar. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Mekanika Tanah. Universitas Negeri Solo. http://jurnal.uns.ac.id/ijcee/article/download/11198/10018.
Fadhli, Muhibuddin. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3. No. 1 Januari 2015.
Fuchs, B. (2014). The Writing is on the Wall: Using Padlet for Whole-Class
Engagement The Writing is on the Wall: Using Padlet for Whole-Class
Engagement. LOEX Quarterly, 240(4), 7.
https://uknowledge.uky.edu/libraries_facpubhttps://uknowledge.uky.edu/libraries_facpub/240
Fried, George H. dan George J. Hademenos, Teori dan soal-soal Bahasa inggris, Jakarta: Erlangga, 2005.
García, A. (2020). Provoking Emotions of Sympathy and Anger to Enhance Speaking Output in the Target Language [Unpublished master’s thesis]. Southern Oregon University.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Menagajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.
Harsanto, Ratno, Pengelolaan Kelas Yang Dinamis, Yogyakarta: Kanisius, 2007.
Haryoko, Sapto. 2009. “Efektifitas Pemanfaatan Media Audio-Visual sebagai Alternatif Optomalisasi Model Pembelajaran”. Jurnal Edukasi Elektro. Vol 1. Hal 2. http://www.academia.edu/19877091/Jurnal_efektivitas.
Henry Guntur Tarigan, Op.Cit., hlm. 16-17
Holbeck, R., & Hartman, J. (2018). Efficient strategies for maximizing Online Student satisfaction: Applying technologies to increase cognitive presence, social Presence, and teaching Presence. Journal of Educators Online, 15(3) 91-95.
Iskandarwassid dan Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), hlm. 241.
Lilis Madyawati, Op.cit, hlm. 90
Lutfiani, Wulan Ditar. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Menyimak Bahasa Prancis Untuk Kelas XI Semester 1. Skripsi S1. Semarang: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Asing, FBS UNNES.
McLain, T. (2018). Integration of the video response app FlipGrid in the business writing classroom. International Journal of Educational Technology and Learning, 4(2): 68-75.
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya
Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan,
(2), 95. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105
Muslimah, Fitri. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Room Service Mata Pelajaran Tata Hidang Di SMKNN 1 Sewon. Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Boga.
Nurul Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.
Poerwodarminto, W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka, 1985.
Pujriyanto. -. Teknologi untuk Pengembangan Media & Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Purwanti, Budi. 2015. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure”. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 3, Nomor 1, Januari 2015; 42-47
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya 1990.
Sagala, Syaiful, Konsep dan makna Pembelajaran, Bandung: CV Alfabeta, 2003.
Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Skinner, Charles E., Essentials Of Educational Psychology, Tokyo: Maruzen Company, 1958.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: PT Rineke Cipta, 1995.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1989.
Suharyanti, Pengantar Dasar Keterampilan Berbicara , (Surakarta: Yuma Pustaka, 2011), hlm.4.
Suhendar dan Pien Supinah, Pengajaran dan Ujian Keterampilan Menyimak dan Keterampilan Berbicara, (Bandung: Pionir Jaya, 2004), hlm. 16.
Suparno, dkk, Berbicara, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008), hlm. 1.2.
Syah, Muhibin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.
Tarigan , C.B. T, Kamus Lengkap Bahasa inggris Bergambar, Bandung: Penabur Ilmu, 2005.
Tuyet, T. & Khang, N. (2020). The influences of the Flipgrid app on Vietnamese EFL high school learners’ speaking anxiety. European Journal of Foreign Language Teaching, 5(1): 128-149
Wati, Rima Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran Visual - Audio Visual - Komputer - Power Point – Internet – Interactive Video. Yogyakarta: Kata Pena.
Wittig, Arno F., Ph. D., Theory And Problems of Psychology of Learning, New York: Mc. Giaw Hill, 1981.
Yamin, Martinis, dkk. Manajemen Pembelajaran Kelas, Jakarta: Gaung Persada, 2009.