Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Positif Peserta Didik Melalui Culturally Responsive Teaching Model Discovery Learning
Keywords:
hasil belajar, sikap positif, culturally responsive teachingAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik memahami materi berdampak pada
rendahnya sikap positif dan hasil belajar peserta didik terhadap pelajaran matematika. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui CRT model discovery learning dalam pembelajaran matematika
dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap positif peserta didik kelas X PPLG 2 SMK Negeri 2
Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas pra siklus dan dua
siklus serta pada setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas
X PPLG 2 sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada aspek pengetahuan dari pra tindakan
sebanyak 1 peserta didik (2,94%) telah mencapai KKTP kemudian pada siklus I meningkat menjadi 17
peserta didik (47%) dan pada siklus II meningkat menjadi 28 peserta didik (78%). Hasil belajar pada
aspek keterampilan dari pra tindakan menunjukkan sebanyak 20 peserta didik (56%) telah mencapai
KKTP kemudian pada siklus I meningkat menjadi 25 peserta didik (69%) pada siklus II meningkat
menjadi 32 peserta didik (89%). Berdasarkan angket sikap positif peserta didik pada aspek kognitif
meningkat dari 64% pada pra tindakan menjadi 68% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 74%. Aspek
afektif dari 53% pada pra tindakan menjadi 60% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 74%. Aspek
konatif dari 55% pada pra tindakan menjadi 64% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 74%.
Disimpulkan bahwa penerapan CRT model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan
sikap positif peserta didik.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
PT. Rineka Cipta
Buchori, A., & Harun, L. (2020). Desain E-
Modul Flipbook Berbasis Culturally
Responsive Teaching (CRT) Pada
Materi Transformasi Geometri Di
Sekolah Menengah Kejuruan.
Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Matematika, Matematika Dan
Statistika, 1(1), 63–73.
https://doi.org/10.46306/lb.v1i1
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan
ajar matematika untuk siswa SMP
berdasarkan teori belajar ausubel.
PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan
Matematika, 11(2), 182.
https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10
Herlina, F., & Taufina, T. (2020).
Peningkatan Hasil Belajar
Matematika Melalui Pembelajaran
Matematika Realistik di Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 821–
https://doi.org/10.31004/basicedu.v
i4.456
Jemudin, F. D. ., Makur, A. P., & Ali, F. A.
(2019). Hubungan Sikap Belajar Dan
Motivasi Belajar Terhadap Prestasi
Belajar Matematika Siswa Smpn 6
Langke Rembong. Journal of Honai
Math, 2(1), 1–11.
Purba, G. I. D., Surya, E., & Manullang, M.
(2018). The Effect of Students ’
Worksheet in the Model of Discovery
Learning Against the Students ’ Ability
of Reasoning and Mathematical
Communication in the Faculty of
Mathematics and Natural Science of
State University of Medan.
International Journal of Sciences:
Basic and Applied Research
(IJSBAR), 4531, 70–82.
Putrianti, F. G., Trisniawati, & Rhosyida, N.
(2017). Menumbuhkan Sikap Positif
Siswa Pada Pembelajaran
Matematika. Jurnal Ilmu
Psikologi, 8(2), 1–14.
Retnawati, E., & Aqilah. (2017). Efektifitas
Strategi Pengelompokan Berpasangan
dalam Pembelajaran Matematika
Model Core. Jurnal Cakrawala
Pendidikan 36 (1): 13-23.
http://doi.org/10.21831/cp.v35i1.126
Sahara, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S.
(2018). Discovery learning with SAVI
approach in geometry learning.
Journal of Physics: Conference
Series, 1013(1).
/1013/1/012125
Tokada, D., Herman, T., & Suhendra, S.
(2017). Discovery Learning for
Mathematical Literacy Ability.
Journal of Physics: Conference
Series.
Widoyoko, E. (2009). Evaluasi Program
Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Yadafat, H. R. (2023). Keefektifan Model
Pembelajaran Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Pada Materi Himpunan Kelas Vii SMP
Muhamadiyah Aimas. Theorema: The
Journal Education of
Mathematics, 3(2).
% 68%
%
%
%
%
%
%
%
%
%
%
%
%
%
%
%
%
Pra siklus Siklus I Siklus II
Kognitif Afektif Konatif
https://doi.org/10.36232/theorema.v
i2.3491