Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Positif Peserta Didik Melalui Culturally Responsive Teaching Model Discovery Learning

Authors

  • Ana Muslihatun Universitas PGRI Semarang

Keywords:

hasil belajar, sikap positif, culturally responsive teaching

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik memahami materi berdampak pada
rendahnya sikap positif dan hasil belajar peserta didik terhadap pelajaran matematika. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui CRT model discovery learning dalam pembelajaran matematika
dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap positif peserta didik kelas X PPLG 2 SMK Negeri 2
Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas pra siklus dan dua
siklus serta pada setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas
X PPLG 2 sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada aspek pengetahuan dari pra tindakan
sebanyak 1 peserta didik (2,94%) telah mencapai KKTP kemudian pada siklus I meningkat menjadi 17
peserta didik (47%) dan pada siklus II meningkat menjadi 28 peserta didik (78%). Hasil belajar pada
aspek keterampilan dari pra tindakan menunjukkan sebanyak 20 peserta didik (56%) telah mencapai
KKTP kemudian pada siklus I meningkat menjadi 25 peserta didik (69%) pada siklus II meningkat
menjadi 32 peserta didik (89%). Berdasarkan angket sikap positif peserta didik pada aspek kognitif
meningkat dari 64% pada pra tindakan menjadi 68% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 74%. Aspek
afektif dari 53% pada pra tindakan menjadi 60% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 74%. Aspek
konatif dari 55% pada pra tindakan menjadi 64% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 74%.
Disimpulkan bahwa penerapan CRT model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan
sikap positif peserta didik.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

PT. Rineka Cipta

Buchori, A., & Harun, L. (2020). Desain E-

Modul Flipbook Berbasis Culturally

Responsive Teaching (CRT) Pada

Materi Transformasi Geometri Di

Sekolah Menengah Kejuruan.

Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika, Matematika Dan

Statistika, 1(1), 63–73.

https://doi.org/10.46306/lb.v1i1

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan

ajar matematika untuk siswa SMP

berdasarkan teori belajar ausubel.

PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan

Matematika, 11(2), 182.

https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10

Herlina, F., & Taufina, T. (2020).

Peningkatan Hasil Belajar

Matematika Melalui Pembelajaran

Matematika Realistik di Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 821–

https://doi.org/10.31004/basicedu.v

i4.456

Jemudin, F. D. ., Makur, A. P., & Ali, F. A.

(2019). Hubungan Sikap Belajar Dan

Motivasi Belajar Terhadap Prestasi

Belajar Matematika Siswa Smpn 6

Langke Rembong. Journal of Honai

Math, 2(1), 1–11.

Purba, G. I. D., Surya, E., & Manullang, M.

(2018). The Effect of Students ’

Worksheet in the Model of Discovery

Learning Against the Students ’ Ability

of Reasoning and Mathematical

Communication in the Faculty of

Mathematics and Natural Science of

State University of Medan.

International Journal of Sciences:

Basic and Applied Research

(IJSBAR), 4531, 70–82.

Putrianti, F. G., Trisniawati, & Rhosyida, N.

(2017). Menumbuhkan Sikap Positif

Siswa Pada Pembelajaran

Matematika. Jurnal Ilmu

Psikologi, 8(2), 1–14.

Retnawati, E., & Aqilah. (2017). Efektifitas

Strategi Pengelompokan Berpasangan

dalam Pembelajaran Matematika

Model Core. Jurnal Cakrawala

Pendidikan 36 (1): 13-23.

http://doi.org/10.21831/cp.v35i1.126

Sahara, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S.

(2018). Discovery learning with SAVI

approach in geometry learning.

Journal of Physics: Conference

Series, 1013(1).

https://doi.org/10.1088/1742-

/1013/1/012125

Tokada, D., Herman, T., & Suhendra, S.

(2017). Discovery Learning for

Mathematical Literacy Ability.

Journal of Physics: Conference

Series.

Widoyoko, E. (2009). Evaluasi Program

Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Belajar.

Yadafat, H. R. (2023). Keefektifan Model

Pembelajaran Discovery Learning

Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Pada Materi Himpunan Kelas Vii SMP

Muhamadiyah Aimas. Theorema: The

Journal Education of

Mathematics, 3(2).

% 68%

%

%

%

%

%

%

%

%

%

%

%

%

%

%

%

%

Pra siklus Siklus I Siklus II

Kognitif Afektif Konatif

https://doi.org/10.36232/theorema.v

i2.3491

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Muslihatun, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Positif Peserta Didik Melalui Culturally Responsive Teaching Model Discovery Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1267–1276. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5259

Issue

Section

Prosiding 2023