Optimalisasi Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan Modifikasi Permainan Sepak Bola dalam Pembelajaran PJOK kelas XI-9 SMA Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025
Keywords:
Modifikasi, CRT, PJOKAbstract
Penelitian yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan ketidakseimbangan jumlah peserta didik laki-laki dan perempuan, dimana banyak peserta didik perempuan. Fenomena dominasi peserta didik perempuan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) kerapkali menghambat partisipasi aktif dan pengalaman belajar yang setara oleh seluruh peserta didik, termasuk dalam permainan tradisional yang menggunakan kekuatan fisik seperti sepak bola. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI-9 yang menunjukkan kesenjangan gender antara peserta didik perempuan dan laki-laki. Instrumen pengumpulan data berupa observasi partisipasi peserta didik dan dokumentasi pembelajaran. Analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif untuk menggambarkan partisipasi peserta didik. Hasil penelitian diharapkan peserta didik perempuan memiliki kontribusi aktif dalam proses pembelajaran dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan maksimal yang dapat dirasakan oleh seluruh peserta didik.
References
Gusril, & Rasyid, W. (n.d.). Peran Modifikasi Olahraga Terhadap Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.
Jatmiko, A., Zhannisa, U. H., Suharman, & Wiyanto, A. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN CRT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI AKTIVITAS PERMAINAN. JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(3).
Khoirun Najib, M. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CULTURAL RESPONSIVE TEACHING (CRT) BAGI ABK MATERI SENAM IRAMA. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 5(2), 81–90. https://doi.org/10.53869/jpas.v5i2.223
Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning MataPelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penilitian, Dan Pengembangan, 4(7), 977–986. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Nurratri, R., & Herlambang, T. (2024). PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) DI SMK N 8 SEMARANG. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 5(3), 164–173. https://doi.org/10.53869/jpas.v5i3.242
Pratama, E. Y. (2022). MODIFIKASI PERMAINAN KECIL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarater, 5(3), 194–197. https://doi.org/10.31764
Ricky, Z., Akbari, F., & Fitri, A. H. (2022). Pengembangan modifikasi permainan kecil dalam pembelajaran penjasorkes pada Sekolah Menengah Pertama. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 10(3), 156. https://doi.org/10.32682/bravos.v10i3.2554
Rukanah, & Herlambang, T. (2025). Analisis Kepuasan Siswa SMKN 8 Semarang Terhadap Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran PJOK. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(2). https://dmi-journals.org/deiktis/index