86. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas I SD 3 Mejobo

Authors

  • Dewi Retno Iswari Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang
  • Zuriyah SD 3 Mejobo

Keywords:

Kreativitas siswa, PjBL

Abstract

Pembelajaran menggunakan metode ceramah di kelas 1 seringkali membuat siswa mudah jenuh dan kurangnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang, rendahnya kreativitas siswa di SD 3 Mejobo Kabupaten Kudus, minimnya penggunaan model dan media dalam proses pembelajaran sehingga kurangnya kreativitas siswa dalam pembelajaran. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan model project based learning pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD 3 Mejobo Kabupaten Kudus yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, Tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata tingkat ketuntasan belajar siswa melalui Model PjBL mata pelajaran Matematika kelas I SD 3 Mejobo. Hal ini menggambarkan adanya upaya guru meningkatkan kreativitas belajar dan kualitas pembelajaran yang dilakukan, yang ditunjukkan dari adanya peningkatan aktivitas guru untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan antara siklus 1 dan siklus 2 dengan nilai tertinggi 94,4 serta ketuntasan 100%.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Iswari, D. R., Damayani, A. T., & Zuriyah. (2023). 86. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas I SD 3 Mejobo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 772–780. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4025

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)