81. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas V SD 3 Mejobo Kudus

Authors

  • Herlina Anggreini Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang
  • Prawestya T Damayatanti SD 3 Mejobo

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) dilatarbelakangi hasil belajar IPA siswa kelas V materi siklus air SD 3 Mejobo Kudus masih belum mencapai ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada Ilmu Pengetahuan Alam materi siklus air yang menggunakan  pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran siswa kelas V SD 3 Mejobo Kudus tahun ajaran 2022/2023. Peneliti melaksanakan PTK dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan. Hasil observasi prasiklus berdasarkan hasil wawancara nilai UTS sebelumnya hanya 10 siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM yaitu 71 dari 20 siswa. Kemudian hasil penelitian pada tindakan siklus I ketuntasan klasikal mencapai 5% dengan nilai rata-rata 46,7 sehingga dilanjutkan pada siklus II mencapai ketuntasan 80% dengan nilai rata-rata 81. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi siklus air pada peserta didik kelas V SD 3 Mejobo Kudus tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Anggreini, H., Damayani, A. T., & Damayatanti, P. T. (2023). 81. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas V SD 3 Mejobo Kudus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 731–736. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4020

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)