328. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning pada Kelas II SD 3 Mejobo

Authors

  • Nur Maulidasari
  • Aries Tika Damayani
  • Zuriyah

Keywords:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika Tema 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan melalui model pembelajaran problem based learning kelas II di SD 3 Mejobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II Semester genap Tahun akademik 2022/2023 dengan jumlah 19 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran matematika materi pengukuran waktu tema 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan dapat meningkatkan hasil belajar kelas II di SD 3 Mejobo. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada pra siklus menggunakan data hasil belajar ulangan menunjukkan rata-rata sebesar 65. Pada siklus I nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa sebesar 69,21, rata-rata siklus II meningkat menjadi 84,84.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Maulidasari, N. ., Damayani, A. T. ., & Zuriyah. (2023). 328. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning pada Kelas II SD 3 Mejobo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2931–2938. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4236

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)